Rabu, 30 Juni 2021 15:22

Komisi V DPR Minta Maksimalkan Evakuasi Korban Tenggelam KMP Yunice

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Komisi V DPR Minta Maksimalkan Evakuasi Korban Tenggelam KMP Yunice

Muhammad Fauzi meminta Basarnas memaksimalkan evakuasi terhadap korban tenggelam KMP Yunice.

RAKYATKU.COM - Kapal motor penumpang (KMP) KMP yunice" href="https://rakyatku.com/tag/kmp-yunice">Yunice tenggelam di perairan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali pada Selasa (29/6/2021) malam.

Saat ini Basarnas dibantu TNI AL dan pihak lainnya masih berupaya melakukan evakuasi terhadap korban.

Anggota Komisi Perhubungan DPR RI, muhammad fauzi" href="https://rakyatku.com/tag/muhammad-fauzi">Muhammad Fauzi meminta Basarnas memaksimalkan evakuasi di hari ini Rabu (30/6/2021).

Baca Juga : Waspada! Oknum Catut Nama Anggota DPR RI Muhammad Fauzi untuk Penipuan di Medsos

"Kami di Komisi V turut berbela sungkawa atas musibah ini. Untuk sekarang kita minta Kemenhub, Basarnas dan tentu dibantu TNI dan Polri memaksimalkan dulu evakuasi dan pencarian korban," kata Fauzi.

Anggota Fraksi Partai Golkar ini mengatakan, musibah angkutan laut terjadi dalam waktu berdekatan harus menjadi catatan evaluasi penting bagi Kemenhub nantinya.

Bulan lalu, insiden KM Karya Indah terbakar di perairan Maluku juga menelan korban. Menurut Fauzi, mesti ada evaluasi terkait dua insiden yang terjadi dalam waktu berdekatan tersebut.

Baca Juga : Luwu Utara Jadi Kabupaten Penerima Manfaat Terbesar Program TPS3R di Selo Selatan

"Tentu ini catatan bagi sarana perhubungan laut kita. Akan ada pertanyaan yang muncul tentang kelayakan dan standar operasi yang dijalankan. Tetapi itu nanti setelah evakuasi korban selesai," katanya.

Sebagai mitra Kementerian Perhubungan, Komisi V, lanjut Fauzi perlu untuk mendapat penjelasan jelas soal rentannya musibah di perhubungan laut, khususnya kapal penumpang.

"Ini menyangkut keselamatan warga yang menggunakan jasa transportasi laut. Kita akan cecar apakah musibah ini karena faktor alam atau memang ada kelalaian di sana," tandas Anggota DPR dari Dapil Sulawesi Selatan III ini.

#KMP Yunice #kapal tenggelam #muhammad fauzi