Sabtu, 26 Juni 2021 11:02

Pengakuan Pengacara Sebelum John McAfee Ditemukan Bunuh Diri

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
John McAfee. (Foto: Darrin Zammit Lupi/Reuters)
John McAfee. (Foto: Darrin Zammit Lupi/Reuters)

Seorang juru bicara Departemen Kehakiman Catalonia mengatakan kematian John McAfee tampaknya bunuh diri, tetapi hasil autopsi akan menentukan penyebab kematian tersebut.

RAKYATKU.COM - Pengacara dari perintis perangkat lunak antivirus, John McAfee, Kamis (24/6/2021), membeberkan bahwa dia tidak melihat tanda-tanda sebelum kematiannya di penjara Spanyol bahwa McAfee akan bunuh diri.

Dilansir Reuters, Sabtu (26/6/2021), para petugas forensik Spanyol sedang melakukan autopsi setelah pengusaha teknologi Amerika Serikat (AS) kelahiran Inggris itu ditemukan tewas di selnya di luar Barcelona pada Rabu (23/6/2021).

Kematiannya menyusul putusan pengadilan yang mengizinkan agar dia diekstradisi ke Amerika Serikat.

Baca Juga : Polisi Usut Peristiwa Mahasiswi Bunuh Diri karena Persoalan Asmara di BTP

Seorang juru bicara Departemen Kehakiman Catalonia mengatakan kematian itu tampaknya bunuh diri, tetapi hasil autopsi akan menentukan penyebab kematian tersebut. Juru bicara itu mengatakan penjara telah memulai penyelidikan internal.

Pengacara Javier Villalba mengatakan McAfee, yang meluncurkan antivirus komersial pertama di dunia pada 1987, tampaknya telah gantung diri karena putus asa setelah sembilan bulan di penjara.

 

"Saya memiliki kontak telepon terus-menerus dengan dia," kata Villalba kepada Reuters. "Dia tidak pernah menunjukkan kekhawatiran atau petunjuk khusus yang membuat kita berpikir ini bisa terjadi."

Baca Juga : Penemu Software Antivirus John McAfee Tewas Gantung Diri di Penjara Spanyol

Pengacara mengatakan dia merasa, "Sakit hati, marah, kurang pengertian karena tidak dibenarkan dalam keadaan apa pun bahwa pria ini tetap berada di penjara."

Sponsored by MGID

Seorang sumber di penjara mengatakan McAfee, yang berusia 75 tahun, berbagi sel penjara dengan narapidana lain, tetapi dia sedang sendirian saat meninggal.

McAfee ditahan 3 Oktober lalu di bandara Barcelona setelah bertahun-tahun buron untuk menghindari pihak berwenang AS.

Baca Juga : Pemimpin Boko Haram Tewas Bunuh Diri, ISWAP: Dia Lebih Suka Dipermalukan di Akhirat daripada di Dunia

Dia telah didakwa di Tennessee atas tuduhan penghindaran pajak dan didakwa dalam kasus penipuan mata uang kripto di New York.

Beberapa hari kemudian dia mencuit di Twitter dari penjara, "Semua baik-baik saja. Ketahuilah bahwa jika saya gantung diri, ala Epstein, itu bukan salah saya."

Dia merujuk pada pelanggar seks terdaftar Jeffrey Epstein, yang bunuh diri di penjara AS pada 2019.

Baca Juga : Sehidup Semati, Remaja Ini Bunuh Diri setelah Sahabatnya Meninggal Akibat Kecelakaan

Sumber: VOA Indonesia, Reuters

Sponsored by advertnative
 
#John McAfee #bunuh diri