Kamis, 24 Juni 2021 16:04

Jumras Hadir sebagai Saksi, Terungkap Agung Sucipto Sering Berikan Uang ke Pejabat Pemprov Sulsel

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jaksa Penuntut Umum (JPU), Asri Irwan.
Jaksa Penuntut Umum (JPU), Asri Irwan.

"Jumras mengetahui bahkan pernah ditawari oleh Agung Sucipto untuk diberikan uang dengan jumlah Rp200 juta itu pada saat Jumras masih Kepala Biro Pembangunan," kata Asri Irwan, jaksa penuntun umum (JPU).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Jaksa penuntut umum (JPU) menghadirkan eks Kepala Biro Pembangunan dan ULP Pemprov Sulsel, Jumras, sebagai saksi di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Jalan R.A. Kartini, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulsel.

Jumras dihadirkan sebagai saksi dalam sidang lanjutan Agung Sucipto yang merupakan terdakwa penyuap Gubernur Sulsel nonaktif, Nurdin Abdullah.

JPU Asri Irwan mengatakan sengaja menghadirkan Jumras untuk memberikan keterangan di persidangan karena mengetahui poin-poin penting tentang Agung Sucipto.

Baca Juga : Selain Eksepsi, Penasihat Hukum Edy Rahmat Ajukan Permohonan Justice Collaborator

"Pertama Jumras mengetahui tentang Agung Sucipto yang pernah memberikan uang kepada Nurdin Abdullah diawal sebesar Rp10 miliar," kata Asri di PN Makassar, Kamis (24/6/2021).

"Kedua, Jumras mengetahui bahkan pernah ditawari oleh Agung Sucipto untuk diberikan uang dengan jumlah Rp200 juta itu pada saat Jumras masih Kepala Biro Pembangunan," sambungnya.

 

Menurut Asri, dari pemeriksaan tersebut jaksa dapat menemukan petunjuk bahwa terdakwa Agung Sucipto sering memberikan uang kepada pejabat pemerintah Sulsel.

Baca Juga : Diduga Bantu Nurdin Abdullah Terima Suap, Ini Dakwaan Eks Sekretaris Dinas PUTR Sulsel

"Artinya apa, jaksa mendapatkan petunjuk bahwa terdakwa Agung Sucipto memang kerap memberikan uang-uang kepada petugas-petugas atau kepada pejabat- pejabat di pemerintah Sulsel," ujar Asri.

Sponsored by MGID

Selain menghadirkan Jumras sebagai saksi, JPU juga menghadirkan sopir pribadi Agung Sucipto, yaitu Nuryadi.

JPU menghadirkan Nuryadi untuk memberikan keterangan tentang kronologis operasi tangkap tangan mulai dari persiapan pemberian uang, pertemuan-pertemuan Agung Sucipto sampai kemudian Agung Sucipto ditangkap oleh petugas KPK.

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Usman Pala
#Sidang Agung Sucipto #Kasus KPK Nurdin Abdullah #PN Makassar