Senin, 21 Juni 2021 15:45

Komisi IV Apresiasi Capaian Program Kementan Tahun 2021

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Anggota Komisi IV DPR RI, Abdullah Tuasikal (kanan) dan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo
Anggota Komisi IV DPR RI, Abdullah Tuasikal (kanan) dan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo

Program Kementan selama ini dianggap berjalan sangat baik.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Anggota komisi IV DPR RI" href="https://rakyatku.com/tag/komisi-iv-dpr-ri">Komisi IV DPR RI, Abdullah Tuasikal mengapresiasi capaian Kementerian Pertanian (kementan" href="https://rakyatku.com/tag/kementan">Kementan), yang berhasil menumbuhkan sektor pertanian hingga 2,59 persen pada triwulan 1 tahun 2021.

Di samping itu, kata Tuasikal, DPR juga mengapresiasi meningkatnya nilai ekspor produk pertanian, serta meningkatnya daya serap program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang selama ini menjadi modal terhadap bengkitnya pertanian Indonesia.

"Capaian ini saya harapkan tetap terjaga dan perlu ditingkatkan lagi kedepannya. Namun di sisi lain, saya kira perlu juga didukung dengan program dan anggaran yang memadai," ujar Tuasikal dalam Rapat Kerja bersama Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo di Gedung Parlemen Jakarta, Senin (21/6/2021).

Baca Juga : Survei Terbaru Calon Gubernur Sulsel: Menteri Pertanian, Kabaharkam, Waketum Golkar Hingga Bupati Gowa Teratas

Menurut Tuasikal, program di Kementan selama ini, sudah berjalan dengn baik. Terutama yang berkaitan dengan alat mesin pertanian dan bantuan berbagai benih unggul berkualitas. Ada juga bantuan 1.000 desa sapi, yang dinilai tepat karena menumbuhkan ekonomi suatu desa.

"Menurut saya, bantuan-bantuan yang bersentuhan langsung dengan rakyat harus kita dukung. Terutama 1.000 desa sapi. Namun saya mohon agar diperhatikan juga pakannya. Makanya kami mengusulkan agar rumput hijau menjadi perhatian khusus dalam program 1.000 desa sapi. Saya kira kalau ini menjadi perhatian, Insyaallah program di Kementerian Pertanian akan berhasil," katanya.

<a class=kementan" width="1280" height="853" />

Baca Juga : Panen Jagung di Lokasi Food Estate Gunung Mas Memuaskan

Terakhir, Tuasikal mendorong agar realokasi anggaran yang ada, betul-betul digunakan terhadap peningkatan ketersediaan pangan nasional.

"Kami mendorong peningkatan kinerja dengan merealisasikan semua program agar anggaranya terserap dengan baik. Utamanya yang berkaitan dengan peningkatan ketersediaan pangan," tutupnya.

#kementan #Komisi IV DPR RI