Kamis, 17 Juni 2021 22:55

Dijamu Danny Pomanto di Atas Pinisi, Sandiaga Uno Sebut F8 Kebangkitan Pariwisata dari Indonesia Timur

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Keakraban Menparekraf, Sandiaga Uno, dengan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.
Keakraban Menparekraf, Sandiaga Uno, dengan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.

Diiringi musik dan tarian tradisional, kedatangan Sandiaga Uno disambut langsung oleh Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, sembari berjalan menuju kapal phinisi yang sudah disiapkan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kemenparekraf">Menparekraf), Sandiaga Uno" href="https://rakyatku.com/tag/sandiaga-uno">Sandiaga Uno, melakukan kunjungan kerja ke pemkot makassar " href="https://rakyatku.com/tag/pemkot-makassar">Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (17/6/2021).

Kamis malam di Center Point of Indonesia (CPI), diiringi musik dan tarian tradisional, kedatangan Sandiaga disambut langsung oleh Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, bersama Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, sembari berjalan menuju pinisi yang sudah disiapkan.

Di atas phinisi, Danny, sapaan akrab Wali Kota Makassar, memaparkan kepada Sandiaga terkait perkembangan potensial pariwisata di Makassar. Ada 8 program unggulan, yakni agenda MICE bulanan, destinasi kepariwisataan, skill kompetensi pariwisata, destinasi unggulan kepulauan supermonde, pengembangan Pulau Lakkang, kampung budaya Paropo, 5.000 lorong wisata, dan penyelenggaraan kembali F8.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

"Kita masih pantau penyebaran Covid-19 di Kota Makassar. Saya presentasikan di hadapan Pak Menteri sandi dan beliau bilang F8 harus diselenggarakan kembali," ucapnya.

Mendapat dukungan penuh, Danny rencananya akan menganggarkan kembali anggaran untuk pelaksanaan F8 tahun ini.

"Tadi sebelum naik ke mobil Pak Menteri bilang F8 sangat bagus. Harus dilaksanakan. Kita tetap menganggarkan pelaksanaan ini. Meskipun dulu pemerintah full yang mengerjakan dan tahun ini kalau pandemi berakhir, maka swasta yang turun tangan dan pemerintah ikut membantu," tuturnya.

Baca Juga : Menparekraf Buka Secara Resmi Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Poltekpar 2024

Sandiaga pun merasakan ada semangat baru, ada harapan baru dari Makassar. Ia melihat kebangkitan pemulihan kota, terutama sebagai barometer Indonesia timur, Makassar siap dengan penerapan protokol kesehatan ketat dan disiplin.

"Event yang dirancang seperti F8 maupun Makassar Jazz Festival sebagai contoh menggeliatkan roda penyelenggaraan event yang membuka peluang kerja. Dan ini adalah program-program yang tepat sasaran di tengah pandemi terutama kepada sektor yang sangat membutuhkan," kata Sandiaga.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

Sandiaga menyebut penyelenggaraan F8 nanti sebagai awal kebangkitan pariwisata dari timur.

"Tadi saya turun, bicara sama musisinya, mereka sudah lama sekali tidak mendapatkan order. Jadi ini bentuk keberpihakan kita untuk menghadirkan kebijakan yang penuh berkeadilan. Dan saya melihat Makassar mematuhi prokes," ucapnya.

Sandiaga menyatakan akan mendukung dan berkaloborasi secara penuh kegiatan-kegiatan kepariwisataan di Makassar.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

"Tentunya kita harus perhatikan prokes, kita harus lihat keadaan COVID. Setelah itu saya akan koordinasi dengan Pak Wali bagaimana bentuk daripada kolaborasi kita. Sekarang kita perlu beradaptasi dan terus beradaptasi dan terima kasih bisa berkolaborasi," tuturnya.

Tak ketinggalan The King of Youtubers, Atta Halilintar, yang turut hadir tampak sangat terpesona dengan keindahan Makassar. Ia sangat menikmati kuliner khas Makassar yang disajikan di atas pinisi sembari mengelilingi laut Losari dan diiringi musik jaz.

#pemkot makassar #Mohammad Ramdhan Pomanto #sandiaga uno #Kemenparekraf