Kamis, 17 Juni 2021 08:47

Bukan Duduk Manis, Lihat Foto-Foto Kerasnya Latihan Tentara Wanita di Makassar

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Suasana latihan halang rintang di lapangan latihan Yonko 466 Paskhas TNI-AU Mandai, Maros, Sulsel, Rabu (16/6/2021). (Foto-foto: Dok Penerangan Lantamal VI)
Suasana latihan halang rintang di lapangan latihan Yonko 466 Paskhas TNI-AU Mandai, Maros, Sulsel, Rabu (16/6/2021). (Foto-foto: Dok Penerangan Lantamal VI)

Para peserta latihan adalah siswi calon prajurit Korps Wanita TNI AL.

RAKYATKU.COM -- Tidak ada jenis kelamin dalam ketentaraan. Itu kalau dilihat dari latihan. Tidak ada perbedaan latihan laki-laki dan perempuan. Sama-sama keras.

Lihatlah 10 siswi calon prajurit Korps Wanita TNI AL (Kowal) ini. Mereka tergabung dalam Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Angkatan XLI tahun 2021 Satdik-2 Makassar.

Mereka mengikuti pelajaran pengenalan materi halang rintang di lapangan latihan Yonko 466 Paskhas TNI-AU Mandai, Maros, Sulsel, Rabu (16/6/2021).

Baca Juga : Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 BI Sulsel dan Lantamal VI Makassar 

Ada 20 jenis materi pelajaran halang rintang yang dikenalkan kepada siswi Kowal Dikmaba Satdik-2 Makassar.

Latihan itu yakni halang rintang gawang rendah, parit 3, balok perimbangan datar, dinding rendah, jenjang perimbangan condong, tanggul miring berparit 1, rintangan jungkal, parit 2, petak rayapan.

Baca Juga : Doakan Prajurit Marinir TNI AL yang Gugur di Nduga Papua, Lantamal VI Gelar Doa Bersama

Komandan Satuan Pendidikan-2 (Satdik-2) Makassar Kolonel Marinir Hendro Suwito mengatakan, tujuan dari materi pengenalan latihan halang rintang ini adalah untuk melatih, kekompakan, kemampuan, ketelitian dan jiwa korsa sesama prajurit khususnya calon prajurit Korps Wanita Angkatan Laut.

"Bukan hanya tentara pria saja yang mempunyai kelincahan dan kemampuan fisik yang baik tetapi juga calon prajurit Kowal harus dapat bersaing dan bekerjasama dalam mendukung pelaksanaan tugas yang semakin hari semakin kompleks serta pantang menyerah dalam menghadapi rintangan seberat apapun apapun," ujar perwira menengan dengan tiga melati di pundak ini.

Lebih lanjut Dansatdik-2 mengatakan, dalam latihan ini tetap memperhatikan dan mengedepankan faktor keamanan yang harus selalu ditekankan kepada siswa-siswi.

Baca Juga : TNI AL Teliti Lebih Lanjut Dua Benda Mirip Rudal yang Ditemukan di Selayar

Sebelum memulai pelajaran materi halang rintang, mereka terlebih dahulu melaksanakan stretching atau pemanasan secara menyeluruh, senam gerak badan serta memperbanyak gerakan pada penguatan otot kaki untuk menghindari cedera yang fatal.

Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut, komandan sekolah Bintara Satdik-2 Makassar, Paopjar, Pakorbingsis, Padukdik, Pajas Satdik-2 (pemberi materi) serta Bingsis Sekolah Bintara Satdik-2 Makassar dan Tim Kesehatan Diskes Lantamal VI.

Baca Juga : Danlantamal VI Pastikan Dua Benda Ditemukan di Selayar Bukan Rudal

Baca Juga : Amankan Dua Unit Benda Mirip Rudal dari Selayar, Danlantamal VI: Masih Aktif

 

#Lantamal VI