Selasa, 15 Juni 2021 16:31

Wakil Bupati Enrekang Tegaskan Komitmen Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sosialisasi Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik serta Aplikasi Pengaduan Masyarakat secara Online Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional SP4N LAPOR dan BARUGA SULSEL, Selasa (15/6/2021).
Sosialisasi Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik serta Aplikasi Pengaduan Masyarakat secara Online Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional SP4N LAPOR dan BARUGA SULSEL, Selasa (15/6/2021).

Wakil Bupati Enrekang, Asman, mengatakan pemerintah wajib menyediakan akses yang mudah kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi yang akurat.

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Wakil Bupati Enrekang, Asman, menegaskan komitmen pemerintah mewujudkan dan mempertahankan keterbukaan informasi publik.

Hal itu ia sampaikan ketika membuka Sosialisasi Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik serta Aplikasi Pengaduan Masyarakat secara Online Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional SP4N LAPOR dan BARUGA SULSEL. Acara berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Enrekang, Selasa (15/6/2021).

Asman mengajak seluruh pimpinan perangkat daerah dan camat serta jajaran masing-masing agar menaruh perhatian serius atas hal ini. Pemerintah, kata Asman, wajib menyediakan akses yang mudah kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi yang akurat.

Baca Juga : Bupati Enrekang dan Wakilnya Apresiasi Antusiasme Masyarakat Saat Pembukaan Mafest 2023

Menurutnya, era sekarang ini kebutuhan masyarakat akan informasi tidak bisa ditunda lagi. Sebab, sudah menjadi kewajiban pemerintah menyediakan informasi.

"Sebagai contoh, kita punya website kabupaten. Itu wadah setiap OPD menginformasikan programnya, serta kegiatan pelayanan kepada masyarakat," kata Asman.

Kadis Kominfo dan Statistik, Hasbar, dalam laporannya menyebutkan sosialisasi keterbukaan informasi publik dilaksanakan untuk menyamakan presepsi mengenai KIP, serta mencegah terjadinya sengketa informasi.

Baca Juga : Sofha Cicipi Pangan Berbahan Pisang, Bupati Perkenalkan Enrekang Sebagai Penghasil Sayur

Sosialisasi juga dihadiri Sekda Enrekang, Baba, Asisten III, para pimpinan perangkat daerah dan camat se-Enrekang, serta secara virtual yang diikuti para admin penghubung antar perangkat daerah.

Adapun yang membawakan materi dari Komisioner Komisi Informasi, yakni Benny Mansjur. Sementara, yang membawakan materi secara virtual adalah Kadis Kominfo SP Sulsel, Amzon Padolo, dengan dipandu Aswan Anjas selaku Sekretaris Diskominfo dan Statistik.

Penulis : Hasrul Nawir
#pemkab enrekang