Senin, 14 Juni 2021 08:01

Lewat ACT, Sekolah Islam Athirah Donasi Rp121 Juta untuk Bangun Sumur di Palestina??

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Lewat ACT, Sekolah Islam Athirah Donasi Rp121 Juta untuk Bangun Sumur di Palestina??

Beberapa siswa Sekolah Islam Athirah membongkar celengan dan melelang mainan kesayangan demi membantu Palestina melalui relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

RAKYATKU.COM -- Di tengah krisis kemanusiaan yang terjadi di Palestina hingga kini, bantuan kemanusiaan dari para sahabat dermawan terus mengalir melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT).??
??
Kali ini, Sekolah Islam (SI) Athirah berhasil menghimpun donasi dari para siswa, staf, guru dan orang tua siswa hingga mencapai angka Rp121.502.000.??
??
Bantuan tersebut diserahkan langsung Direktur SI Athirah, Syamril kepada Maskur selaku kepala Cabang ACT Sulsel di SI Athirah Jalan Kajaolalido Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (11/6/2021).??
??
Nantinya bantuan tersebut akan digunakan untuk pembangunan sumur wakaf di wilayah Palestina yang masih minim ketersediaan air bersih. Pembangunan bersifat wakaf infrastruktur tersebut akan ditangani langsung oleh tim Global Wakaf-ACT yang ada di Palestina. ??
??
Syamril mengatakan, dengan adanya kolaborasi kemanusiaan antara Athirah bersama ACT sangat membantu para siswanya dalam membangun karakter kepedulian.??
??
“Sudah berjalan sekitar 5 tahun sekolah Islam Athirah dan ACT melakukan kerja sama peduli Palestina dengan berbagai bentuk program yang ada dan telah kami jalankan bersama. Dan alhamdulillah hari ini sekolah kami kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Palestina senilai Rp121.502.000 untuk pembangunan sumur wakaf. Tak hanya itu, kreativitas siswa sekolah Islam Athirah ikut juga tersalurkan dalam kolaborasi ini. Dimana dari donasi yang terkumpul tersebut siswa-siswi kami juga ikut terlibat, bahkan ada siswa kami yang duduk di sekolah dasar rela sumbangkan celengannya dan melelang mainannya,” ucapnya.??
??
Sementara itu, Maskur menyambut niat baik dari SI Athirah atas kepeduliannya terhadap rakyat Palestina dengan menghadirkan transparansi dan amanah atas penyaluran bantuan tersebut.??


??
“Kolaborasi yang dilakukan oleh pihak Athirah ini tentunya sangat bermanfaat kepada saudara kita di Palestina yang mengalami penindasan oleh zionis Israel yang tak hanya berdampak pada kematian akan tetapi juga berdampak pada pemunuhan kebutuhan sehari-hari, seperti halnya kebutuhan air bersih. Kolaborasi ini juga tak hanya melibatkan guru dan siswa, akan tetapi juga melibatkan sinergitas staf, guru dan orang tua siswa. Kami sebagai lembaga kemanusiaan, Insya Allah akan menyalurkan bantuan tersebut secara transparan dan amanah,” ujarnya.??
??
Perlu diketahui, 97 persen air di Palestina saat ini tercemar limbah dan bahan kimia berbahaya. Air ini tak dapat dikonsumsi makhluk hidup.??
??
ACT sendiri sebelumnya telah secara rutin melakukan distribusi air bersih ke berbagai wilayah di Palestina. Menggunakan Humanity Water Tank hingga menghadirkan sumur wakaf di lokasi yang sangat terdampak parah krisis air bersih.??
??
Saat ini, Global Wakaf ACT telah membangun sumber air bersih layak berupa sumur wakaf sebanyak 17.752 unit di tanah Palestina.
?
Krisis air di Gaza diketahui memang sangat parah. Sebelum agresi Israel Mei lalu, warga Gaza meminum rata-rata 90 liter air tiap harinya, dan 80 liter di antaranya adalah air yang tercemar. Hal itu disebabkan sistem tata kelola kota yang dirancang Israel memblokade air dari dataran yang lebih tinggi turun ke Kota Gaza.??
??
Padahal lokasi geografi memungkinkan air bersih mengalir melewati Gaza sebelum ke kota-kota Israel. Warga Gaza terpaksa meminum air tanah yang rasanya keasaman atau air yang kadar garamnya tinggi setiap hari.??
??
Kondisi semakin diperburuk dengan agresi 11 hari Israel pada Mei lalu. Berdasarkan data dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), hampir 50 persen saluran air di Gaza tidak berfungsi lagi akibat terimbas ledakan dari pesawat tempur Israel. Krisis air bersih pun semakin membelenggu warga Gaza. Sekitar 800 ribu warga tidak lagi memiliki akses reguler ke air pipa.??
??
Para dermawan masih bisa berpartisipasi membantu Palestina dengan menyalurkan bantuan melalui tautan https://makassar.indonesiadermawan.id/RebutKembaliPalestina.

Bisa juga melalui rekening Aksi Cepat Tanggap di Bank CIMB Niaga Syariah 8600 0680 9700???????????????????????????????????????????????????????????????????? konfirmasi transfer via WA ke 0821 9224 1414???????????????????????????????????????????????????????????? atau berkunjung langsung ke kantor cabang ACT di Jl Sultan Alauddin Plaza Ruko BB Nomor 11 Kota Makassar.

Baca Juga : Sekolah Islam Athirah Siapkan 1085 Kuota untuk Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2024/2025

 

#donasi palestina #Sekolah Islam Athirah #Aksi Cepat Tanggap