Jumat, 11 Juni 2021 09:55

Peluncuran Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum, Plt Gubernur Sulsel: Lebih Ramah Lingkungan dan Hemat

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Peresmian ini ditandai dengan pengisian daya oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman, pada mobil listrik yang terlebih dahulu melakukan scan QR Code di SPKLU melalui aplikasi Charge.IN
Peresmian ini ditandai dengan pengisian daya oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman, pada mobil listrik yang terlebih dahulu melakukan scan QR Code di SPKLU melalui aplikasi Charge.IN

Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, menyampaikan dukungan kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (spklu pln" href="https://rakyatku.com/tag/spklu">SPKLU) di PLN ULP Mattoanging Jalan Monginsidi, Kota Makassar, secara resmi diluncurkan oleh Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (pemprov sulsel andi sudirman" href="https://rakyatku.com/tag/pemprov-sulsel">Sulsel), andi sudirman sulaiman" href="https://rakyatku.com/tag/andi-sudirman-sulaiman">Andi Sudirman Sulaiman, Kamis (10/6/2021).

Peresmian ini ditandai dengan pengisian daya oleh Andi Sudirman pada mobil listrik yang terlebih dahulu melakukan scan QR Code di SPKLU melalui aplikasi Charge.IN. Aplikasi ini untuk mengisi nominal kWh listrik yang diinginkan beserta pembayaran secara digital.

Dalam kesempatan itu, Andi Sudirman menyampaikan dukungan kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB). Apalagi hal ini sebagai wujud mendukung terobosan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam peralihan dari BBM menjadi kendaraan listrik.

Baca Juga : Penjabat Gubernur Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Menara Masjid Nurul Ilmi Himal SMPPSMADAGA Bone

"Kita memiliki energi listrik yang besar. Ini yang harus kita jual. Bagaimana mengkonversi green energi, tidak bising, lebih ramah lingkungan," kata Andi Sudirman.

Ia menegaskan mendorong hadirnya SPKLU di titik lainnya. Ia menyebut kendaraan listrik jauh lebih hemat.

"Dengan kehadiran kendaraan listrik dengan power yang kuat, safe value bagus, ini jauh lebih hemat dan ramah lingkungan, namun memang investasi awal masih mahal. Namun kami harap, ada penyesuaian harga, sehingga masyarakat bisa menjangkau dan tertarik memiliki kendaraan listrik," tambahnya.

Baca Juga : Dewan Adat Saoraja Bone Anugerahi Penjabat Gubernur Bahtiar Gelar Adat Daeng Mappuji

Olehnya itu, ia berharap adanya tempat khusus untuk tempat perbaikan kendaraan listrik. "Saya yakin, semakin canggih teknologi, maka akan semakin mudah," sebutnya.

Sementara itu, General Manager PLN UIW Sulselrabar, Awaluddin Hafid, menyampaikan hadirnya SPKLU ini terintegrasi dengan aplikasi Charge.IN. Aplikasi ini untuk mempermudah pengguna kendaraan listrik mengisi ulang baterainya.

"Alhamdulillah, sekarang sudah hadir SPKLU yang menjadi pertama di Makassar, bahkan di Indonesia Timur," ujarnya.

Baca Juga : Sambut Kajati Baru Sulsel, Pj Gubernur Bahtiar Bangun Perkenalan Lewat Temu Silaturahmi

PT PLN (Persero) terus berkomitmen untuk mendukung terwujudnya era KLBB (kendaraan listrik berbasis baterai) di Indonesia. Bahkan data dari Samsat, tahun 2020 sudah ada 43 kendaraan listrik di Sulsel.

"Kita berharap ini menjadi lifestyle baru yang lebih ramah lingkungan. Serta mendorong tambahan titik SPKLU, seperti di area publik lainnya. Diharapkan ekosistem kendaraan listrik dapat berkembang dan menjadi kebutuhan baru bagi masyarakat yang lebih ramah lingkungan," ujarnya.

Penulis : Syukur
#SPKLU #Pemprov Sulsel #Andi Sudirman Sulaiman #Mobil Listrik