Senin, 07 Juni 2021 18:04

Tidak Mendampingi saat Mentan Kunjungan Kerja di Sidrap, Dollah Mando Ternyata sedang Sakit

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Sidrap, Dollah Mando.
Bupati Sidrap, Dollah Mando.

Bupati Sidrap, Dollah Mando tengah sakit, sehingga tidak bisa mendampingi Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam kunjungannya di Sidrap beberap hari lalu.

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Sekretaris Kabupaten Sidrap, Sudirman Bungi memberi klarifikasi atas pemberitaan yang menyoroti ketidakhadiran Bupati Sidrap, Dollah Mando saat kehadiran Menteri Pertanian RI di Kabupaten Sidrap, Sabtu (5/6/2021) lalu.

Di awal penjelasannya, Sudirman menyampaikan Pemerintah Kabupaten Sidrap di bawah kepemimpinan Dollah Mando sangat berterima kasih kepada Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, yang punya perhatian khusus kepada masyarkat Kabupaten Sidrap.

"Banyak hal yang sudah diberikan Bapak Menteri Pertanian bagi kemajuan pertanian di Kabupaten Sidrap. Tentu Bapak Bupati bersama seluruh masyarakat Sidrap sangat berterima kasih kepada Bapak Menteri,” ujar Sudirman, Minggu (6/6/2021) malam.

Baca Juga : Sekda Sidrap Basra Bakal Dilantik Jadi Pj Bupati Akhir Pekan Ini

Selanjutnya, Sudirman mengungkap, kedatangan Menteri Pertanian beberapa waktu lalu bertepatan dengan pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) ke-32 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, di mana Kabupaten Sidrap menjadi tuan rumah. Kegiatan, sambungnya, berlangsung sejak tanggal 3 Juni 2021 lalu, atau dua hari sebelum kedatangan Menteri Pertanian.

“Selama dua hari itu, bahkan sebelum pembukaan, Bapak Bupati sebagai tuan rumah berkeliling mengecek kegiatan untuk memastikan pelayanan pemerintah dan masyarakat kepada para tamu, para qari penghafal quran dan hadist dari 24 kabupaten/kota berjalan dengan baik,” kata Sudirman.

“Bertepatan saat kedatangan Bapak Menteri, kondisi kesehatan Bapak Bupati agak terganggu, mungkin karena kecapaian, sehingga memerintahkan kepada saya untuk mewakili menyambut kedatangan Pak Menteri,” imbuhnya.

Baca Juga : Kolaborasi Mentan dan Pj Gubernur Sulsel Gerak Cepat Kendalikan Inflasi dan Dampak El Nino

Sudirman membeberkan, Bupati Sidrap memberi mandat kecara langsung kepadanya bahkan menitipkan catatan tertulis untuk disampaikan kepada Menteri Pertanian.

“Beliau menitipkan untuk menyampaikan terima kasih kepada Bapak Menteri dan permohonan maaf tidak bisa hadir karena kurang sehat,” tuturnya.

“Bapak Bupati juga menitipkan untuk disampaikan kepada Pak Menteri terkait kebutuhan tenaga penyuluh, kebutuhan pupuk, infrastruktur irigasi, dan jalan tani. Dan itu secara tertulis dan saya sampaikan langsung kepada Pak Menteri,” lontarnya.

Baca Juga : Petani Rasakan Manfaat Program Kementan Antisipasi El-Nino

Lebih jauh Sudirman menguraikan, ketidakhadiran Dollah Mando secara langsung tidak berarti Bupati Sidrap tidak hadir.

"Hakikatnya, sesungguhnya, yang hadir di sana adalah Bupati Sidrap walaupun fisiknya saya selaku Sekretaris Daerah. Dan itu biasa dalam pemerintahan dalam pelaksanaan pemerintahan dan pelayanan masyarakat. Bukan sesuatu yang perlu dipersoalkan,” jelasnya lagi.

Untuk itu, Sudirman berharap masyarakat tetap bijak menanggapi berita yang seolah-olah diisukan Bupati Sidrap tidak menghargai atau menghormati kehadiran Menteri Pertanian.
“Bapak Bupati sangat menghargai dan menghormati Bapak Menteri, namun di saat bersamaan ada hal yang menghalangi kehadiran beliau,” terangnya.

Baca Juga : Diserahkan Mentan SYL, Amran Mahmud Terima Penghargaan Anugrah Perkebunan Indonesia

Terkait pengembangan porang di Kabupaten Sidrap, Sekda Sidrap menyebut Pemerintah Kabupaten Sidrap mengapresiasi keberadaan Syaharuddin Alrif yang menginisiasi pengembangan porang tersebut.

“Ini luar biasa bagi kemajuan Kabupaten Sidrap, dan Bapak Bupati sangat mendukung, dalam berbagai even beliau menyampaikan ini salah satu peluang berharga bagi petani memanfaatkan lahan tidur. Pemerintah daerah siap bersinergi mengembangankan tanaman porang ini,” paparnya.

“Sekali lagi kami berharap agar masyarakat dapat menyikapi hal ini secara baik, tidak tergiring menjadi komoditi politik. Dan buat teman-teman media senantiasa mengedukasi masyarakat melalui pemberitaan yang proporsional, rasional dan faktual. Tentu teman-teman media telah memahami hal ini,” tandas Sudirman.

Penulis : Hasrul Nawir
#pemkab sidrap #Syahrul Yasin Limpo