Rabu, 02 Juni 2021 19:52

Cegah Klaster Baru Covid 19, PD Pasar Makassar Tingkatkan Penerapan Prokes di Pasar Tradisonal

Trio Rimbawan
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Petugas PD Pasar Makassar Raya mengimbau pedagang dan warga agar patuhi protokol kesehatan (2/6).
Petugas PD Pasar Makassar Raya mengimbau pedagang dan warga agar patuhi protokol kesehatan (2/6).

Bersama pemerintah, PD Pasar Makassar terus bergerak mengimbau agar semua menerapkan protokol kesehatan di pasar-pasar tradisional.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR- Pasar Tradisional maupun Pasar Modern, kini menjadi pusat perhatian Pemerintah lantaran aktivitas masyarakat yang melakukan transaksi jual beli mulai ramai.

Kegiatan ini seakan tak bisa lagi dibendung karena alasan ekonomi. Dengan harapan perekonomian di daerah kembali meningkat disaat krisis akibat penyebaran virus corona Covid-19. 

Kendati demikian, tentu harus tetap menyesuaikan diri dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19. Hal ini telah diatur sesuai surat edaran Walikota Makassar yang telah ditujukan kepada jajaran PD Pasar Makassar dalam hal ini berlaku kepada pengelola, pedagang, pegawai staf dan juga pengunjung yang datang ke pasar tradisional. 

Baca Juga : Dirut PD Pasar Makassar Jawab Tudingan Pasar Sentral Sengaja Dibakar

Untuk itu, pihak Direksi PD Pasar Makassar senantiasa mengingatkan bagi pengelola dan jajaran staf unit pasar wajib menyediakan tempat cuci tangan (Tandon) atau wastafel beserta dengan sabun di depan pintu masuk maupun pintu keluar pasar. Atau tempat yang bisa dijangkau dengan mudah oleh masyarakat.

"Kita tetap rutin mengingatkan kepada pedagang dan juga jajaran staf di Pasar. Untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yakni dengan sosialisasi setiap hari agar mereka wajib memakai masker, memantau tandom tempat cuci tangan dan jangan terlalu berkerumun." ujar Direktur Umum PD Pasar, Nuryanto G. Liwang.

Selain itu menurut Anto Liwang, pedagang juga harus menjaga kebersihan masing-masing kios atau lapak mereka. Dan menghimbau kepada pengunjung jika kondisi kurang fit dan kurang sehat, dianjurkan untuk tidak ke pasar.

Baca Juga : Menko PMK RI Apresiasi Upaya Pemkot Makassar Tekan Laju Covid 19

Sementara, Direktur Utama PD Pasar Makassar, Basdir, SE menjelaskan bahwa pihaknya saat ini terus bergerak melakukan himbauan penerapan protokol kesehatan.

Ia menyebutkan Kepala-kepala pasar telah ditekankan untuk meningkatkan kedisiplinan agar masyarakat sadar dan peduli terhadap bahaya virus corona Covid-19. Hal itu dilakukan agar pasar tradisional tidak menjadi klaster baru dalam penyebaran virus corona Covid-19.

"peran kepala-kepala pasar dalam penertiban kedisiplinan di pasar sangatlah penting. Untuk itu kami tekankan kepada kepala-kepala Pasar agar memperhatikan itu. Terutama Menyiapkan Tandon air di pintu masuk dan keluar serta penggunaan masker bagi pedagang maupun pengunjung. sebagaimana surat edaran Walikota Makassar terkait perpanjangan PPKM." pungkasnya.

#Cegah Penularan Covid-19 #PD Pasar Makasar Raya