Rabu, 02 Juni 2021 18:43

Anggarannya Dikurangi, Moeldoko Jamin Fungsi dan Peran KSP Tetap Optimal

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Anggarannya Dikurangi, Moeldoko Jamin Fungsi dan Peran KSP Tetap Optimal

Anggaran Kantor Staf Kepresidenan (KSP) ikut terkena refocussing. Namun, hanya berkurang Rp78 juta dari pagu anggaran awal.

RAKYATKU.COM,JAKARTA – Refocussing dan realokasi anggaran tak membuat Kantor Staf Presiden (ksp" href="https://rakyatku.com/tag/kantor-staf-presiden">KSP) mengurangi fungsi dan perannya dalam mendukung dan mengawal program presiden dan wakil presiden.

Terutama melalui pengendalian program prioritas nasional, pengelolaan isu strategis, dan komunikasi politik.

"Hingga Mei 2021, ksp" href="https://rakyatku.com/tag/kantor-staf-presiden">KSP telah melaksanakan monitoring dan evaluasi tujuh agenda pembangunan atau prioritas nasional. Terdiri atas 34 program prioritas yang di dalamnya ada 86 kegiatan prioritas, diturunkan menjadi 151 proyek prioritas, dan selanjutnya dijabarkan menjadi 551 rencana aksi yang dilaksanakan kementerian/lembaga terkait,” ungkap Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko" href="https://rakyatku.com/tag/moeldoko">Dr Moeldoko saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI di Jakarta, Rabu (2/6/2021).

Baca Juga : Istri Moeldoko Meninggal Dunia

Moeldoko memaparkan, pagu anggaran KSP pada 2021 mencapai Rp86,76 miliar. Namun sesuai dengan surat Kemensesneg Nomor B 22 pada 14 Januari 2021 tentang refocussing dan realokasi anggaran belanja, alokasi anggaran KSP mendapat penghematan Rp78,04 juta. Sehingga anggaran KSP setelah penghematan tersebut menjadi Rp86,68 miliar.

Dari jumlah itu, Moeldoko menyampaikan, hingga 25 Mei 2021 KSP telah merealisasikan anggaran Rp34,37 miliar atau 39,6 persen dari alokasi. Adapun realisasi anggaran tersebut dimanfaatkan guna mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi KSP.

Selain yang disebutkan sebelumnya, KSP juga telah melakukan pengelolaan strategi komunikasi politik dan publik untuk mendukung pengendalian program prioritas dan pengelolaan isu strategis.

Baca Juga : Perintah Presiden Jokowi, Pemda Tanggung Biaya Transportasi Bahan Pokok Saat Harga Naik

Mulai dari komunikasi politik berupa penjaringan aspirasi publik melalui KSP mendengar, penyusunan weekly monitoring, dan menerima audiensi dari berbagai pemangku kepentingan.

Ada juga diseminasi informasi melalui penyusunan strategi komunikasi dan diseminasi program prioritas nasional serta isu strategis.

Analisis dan mitigasi isu strategis, penyusunan daily dan weekly briefing untuk presiden dan wapres, weekly issues, agenda setting, dan orkestrasi seluruh humas kementerian/lembaga yang diturunkan menjadi aneka produk di antaranya rilis media, video, flyer, hingga konten sosial media yang sesuai dengan bidang seluruh deputi KSP.

Baca Juga : KSP: Jangan Remehkan Vaksin, Terbukti Bisa Kurangi Keparahan Varian Omicron

"Pengelolaan isu strategis bersama dengan kementerian/lembaga sampai dengan Mei 2021 sudah mencapai 201 isu strategis dan 38 isu di antaranya telah diselesaikan," jelas Moeldoko.

Sementara itu, sesuai dengan surat Sekretaris Negara Nomor B09 KSN/S/PL/002/05 tahun 2021 tanggal 11 Mei 2021, tentang pagu indikatif unit organisasi atau satuan tahun anggaran 2022, KSP pada 2022 mendapat pagu Rp103,96 miliar.

“Dengan pagu indikatif tersebut, KSP merencanakan untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi pengelolaan 34 progran prioritas nasional, pengelolaan delapan strategi komunikasi politik, 20 bidang diseminasi informasi, dan pengelolaan 240 isu strategis,” tutur Moeldoko.

#KSP #Moeldoko #anggaran KSP