Minggu, 30 Mei 2021 08:09

Chelsea Juara Liga Champions; Gagalkan Ambisi 'Treble' Manchester City, 5 Rekor Tercipta

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Chelsea mengalahkan Man City dengan skor 1-0 di final Liga Champions. (Photo by David Ramos/Getty Images) Foto: Getty Images/David Ramos
Chelsea mengalahkan Man City dengan skor 1-0 di final Liga Champions. (Photo by David Ramos/Getty Images) Foto: Getty Images/David Ramos

Selamat Chelsea juara Liga Champions 2020-2021!

RAKYATKU.COM - Chelsea juara Liga Champions 2020-2021, setelah mengalahkan Manchester City dalam laga pamungkas di Stadion do Dragao, Portugal, Minggu (30/5/2021).

Dalam di pertandingan final Liga Champions, The Blues menang tipis 1-0 atas The Citizens. Gol semata wayang Chelsea, dicetak Kai Havertz di menit-menit akhir babak pertama.

Di pertandingan itu, Manchester City bermain lebih dominan dengan unggul penguasaan bola (59%). Akan tetapi, pertahanan solid Chelsea membuat City frustrasi sehingga hanya bisa melepaskan satu percobaan ke arah gawang.

Baca Juga : Juara Liga Champions, Manchester City Sukses Wujudkan Treble Winners

Sementara itu, Chelsea bermain lebih efisien. N'Golo Kante dkk melahirkan delapan percobaan. Dua di antaranya mengarah ke gawang.

Dengan demikian, the Blues sukses memenangi gelar Liga Champions kedua dalam sejarah klub setelah memenanginya pada 2012. Ini menjadi satu-satunya gelar Chelsea di musim ini setelah tumbang di final Piala FA.

Sedangkan Manchester City mesti rela melupakan ambisi 'treble'-nya. Sekadar informasi, istilah treble biasanya mengacu pada liga, piala federasi, dan Liga Champions. Sementara itu, si Biru Langit telah sukses menggondol gelar juara Liga Inggris dan Piala Liga.

Baca Juga : Juara FA Cup, Manchester City Semakin Dekat Treble Winners

Dikutip dari Okezone, Ada 5 rekor yang tercipta setelah Chelsea juara Liga Champions 2020-2021:

5. Edouard Mendy Gemilang
Edouard Mendy mencatatkan sembilan clean sheet dari 12 penampilan di Liga Champions 2020-2021. Ini merupakan clean sheet terbanyak ketimbang kiper mana pun yang menjalani debut di Liga Champions.

4. Josep Guardiola Keok
Semenjak menangani Manchester City, Guardiola membawa timnya tampil di lima final dan semuanya berujung kemenangan. Namun, di final keenamnya, Manchester City kalah dari Chelsea. Hal itu berarti, ini kekalahan perdana Guardiola di partai final bersama Manchester City.

Baca Juga : Manchester United Dapat Tiket Liga Champions Musim Depan

3. Thomas Tuchel Ikuti Klopp dan Flick
Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, melanjutkan dominasi pelatih Jerman di Liga Champions. Dalam tiga musim terakhir, pelatih asal Jerman selalu membawa sang tim mengangkat trofi si Kuping Besar.

Rentetan itu dimulai Jurgen Klopp bersama Liverpool pada 2018-2019. Kemudian dilanjutkan Hansi Flick bareng Bayern Munich 2019-2020 dan Thomas Tuchel (Chelsea, 2020-2021).

2. Jejaki Jurgen Klopp
Tuchel mengikuti jejak Jurgen Klopp yakni mengalahkan Guardiola dalam tiga laga beruntun. Sebelum bersua dini hari tadi, Tuchel dua kali bertemu Guardiola musim ini.

Baca Juga : Juara Piala Dunia Akan Perebutkan Trofi Liga Champions

Hasilnya, Chelsea selalu memenangkan pertandingan. Pertama, Chelsea menang 1-0 atas Manchester City di semifinal Piala FA 2020-2021. Kedua, Manchester City tumbang 1-2 dari Chelsea di kandang sendiri pada pekan ke-35 Liga Inggris 2020-2021.

1. Trofi Keempat Eropa
Kehadiran Roman Abramovich pada 2003 mengubah nasib Chelsea. The Blues yang awalnya hanya sekadar penghuni papan tengah Liga Inggris berubah semenjak dikuasai Abramovich, yakni jadi akrab dengan trofi Eropa.

Semenjak dipegang Abramovich, Chelsea memenangkan empat gelar mayor di kompetisi antarklub Eropa. Sebut saja gelar Liga Champions 2011-2012 dan 2020-2021, serta Liga Eropa 2012-2013 dan 2018-2019.

#Liga Champions