Selasa, 25 Mei 2021 16:24

Mirip Adegan Film, Prajurit Yonmarhanlan VI Berkelahi Sangkur

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Mirip Adegan Film, Prajurit Yonmarhanlan VI Berkelahi Sangkur

Sebelum pelaksanaan jurit tangkas, seluruh prajurit melaksanakan apel kelengkapan sekaligus pengecekan kesiapan pelaksanaan latihan.

RAKYATKU.COM -- Sejumlah prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) VI Makassar berkelahi sangkur, Selasa (25/5/2021).

Ada juga yang melemparkan pisau dan kapak. Terlihat beberapa di antaranya jatuh terkapar. Segera ditolong rekan-rekan mereka.

Adegan yang mirip dalam film-film perang ini hanya latihan. Namanya, latihan jurit tangkas triwulan II tahun 2021 di jajaran Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VI Makassar, Jalan Yos Sudarso, Makaasar.

Baca Juga : Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2022 BI Sulsel dan Lantamal VI Makassar 

Selain berkelahi sangkur serta lempar pisau dan kapak, materi jurit tangkas lainnya yakni penyampaian berita, pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), dan ilmu medan membaca peta (IMMP) dan kompas.

Ada juga peraturan bertempur perorangan (PBP), merayap tali, naik turun tali, meniti tali, dan pengetahuan senjata.

Baca Juga : Doakan Prajurit Marinir TNI AL yang Gugur di Nduga Papua, Lantamal VI Gelar Doa Bersama

Sebelum pelaksanaan jurit tangkas, seluruh prajurit melaksanakan apel kelengkapan sekaligus pengecekan kesiapan pelaksanaan latihan baik keperluan dan kelengkapan perorangan maupun kelengkapan penyelenggara latihan.

Latihan ini dilaksanakan untuk mengukur dan meningkatkan kemampuan prajurit yang mana salah satu indikator dalam penilaian yaitu nilai kecepatan dan keterampilan serta pengetahuan tentang materi tersebut.

Komandan Yonmarhanlan VI Letkol Mar Gigih Catur Pramono, SH, MTr Opsla mengatakan bahwa latihan ini bertujuan untuk membina fisik, penyegaran dan meningkatkan profesional prajurit.

Baca Juga : TNI AL Teliti Lebih Lanjut Dua Benda Mirip Rudal yang Ditemukan di Selayar

Selain itu, juga dapat meningkatkan kerja sama tim, kekompakan, soliditas, serta solidaritas antar prajurit Yonmarhanlan VI.

 

#Yonmarhanlan VI #Lantamal VI #jurit tangkas