Minggu, 23 Mei 2021 18:02

Bupati Dollah Mando Perkenalkan Wisata Paralayang di Sidrap

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Dollah Mando Perkenalkan Wisata Paralayang di Sidrap

Bupati Sidrap berjanji akan melengkapi lokasi dengan sejumlah fasilitas pendukung.

RAKYATKU.COM,SIDRAP -- Bupati Sidenreng Rappang (Sidrap), Dollah Mando memperkenalkan wisata paralayang di Bukit Paralayang Bujung Pitue, Dusun Dua Makkadae Desa Lainungan Kecamatan Watang Pulu.

Keseriusan Pemerintah Kabupaten Sidrap memperkenalkan objek wisata dan olahraga paralayang ini dibuktikan dengan peninjauan lokasi dan uji coba terbang para atlet dan penggiat olahraga paralayang di puncak Bukit Paralayang Bujung Pitue di Desa Lainungan, Minggu (23/5/2021).

Dollah Mando sengaja turun menyaksikan langsung paralayang untuk melihat pemandangan di sekitar wilayah perbukitan Bukit Paralayang Bujung Pitue. Ia mengaku akan mengembangkan lokasi ini.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Siapkan Bantuan Logistik untuk Masyarakat Terdampak Bencana Angin Kencang di Sidrap

"Wisata paralayang, tentunya akan memicu pertumbuhan objek wisata lainnya, seperti kawasan kuliner, out bound, dan jenis wisata alam lainnya. Pemda akan melirik beberapa program untuk menunjang hal itu. Tentunya dengan membangun beberapa fasilitas seperti gazebo dan kawasan kuliner," ungkap Dollah Mando.

Kepala Desa Lainungan, Andi Haruna mengatakan, Bukit paralayang Bujung Pitue akan menjadi kawasan pengembangan olahraga paralayang ke depan. Setidaknya ada dua titik lokasi yang akan dijadikan lokasi olahraga penggiat paralayang, yaitu Bukit Bujung Pitue dan Bukit Mallocie juga di wilayah Kecamatan Watang Pulu.

Menuju ke Bujung Pitue, pengunjung bisa menempuh perjalanan darat dengan roda dua dan empat. Berjarak kurang lebih empat kilometer dari Jalan Trans Sulawesi di Desa Lainungan arah ke bukit dengan medan jalan berupa pengerasan.

Baca Juga : Bapenda Sidrap Dapat Mobil Dari Plt Gubernur

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Sidrap, Ansi Dahlan mengatakan, Bukit paralayang Bujung Pitue, sangat cocok untuk pengembangan olahraga paralayang ke depan. Selain berada di ketinggian kurang lebih 200 meter di atas permukaan laut, lokasi ini juga dipercantik dengan objek perkebunan dan perbukitan berlatar kincir pembangkit PLTB yang berjejer di atas bukit.

"Kami mengajak penggiat paralayang dari TNI AU Makassar untuk mengecek lokasi dan uji coba terbang dan tenyata Bukit Bujung Pitue ini cocok untuk kegiatan itu. Insya Allah, di Sidrap akan ada dua lokasi paralayang ke depan," ungkap Ansi Dahlan.

Kunjungan bupati Sidrap dan rombongan kepala OPD melihat paralayang ini menyita perhatian masyarakat Desa Lainungang. Apalagi lokasi juga diramaikan komunitas trail.

Penulis : Hasrul Nawir
#paralayang #bujung pitue #sidrap