Jumat, 14 Mei 2021 13:03

Cegah Penyelundupan, Rutan Makassar Siapkan 2 Anjing Pelacak

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Anjing pelacak dari Unit K-9 Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulsel disiapkan Rutan Klas 1A Makassar untuk mencegah terjadinya penyelundupan narkoba. (Foto: Gilang Ramadhan/Rakyatku)
Anjing pelacak dari Unit K-9 Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulsel disiapkan Rutan Klas 1A Makassar untuk mencegah terjadinya penyelundupan narkoba. (Foto: Gilang Ramadhan/Rakyatku)

Rencananya anjing pelacak ini dijadwalkan tiga hari berada di Rutan Klas 1A Makassar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Rutan Klas 1A Makassar mendatangkan dua anjing pelacak dari Unit K-9 Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Selatan. Hal ini untuk mencegah masuknya narkoba dari luar.

Kepala Rutan (Karutan) Makassar Klas 1A Makassar, Sulistyadi, mengatakan pencegahan ini dilakukan bentuk upaya dini dan merupakan program bersama dengan BNNP Sulsel.

“Pada dasarnya langkah ini merupakan bagian dari mitigasi risiko dalam pencegahan peredaran narkoba di rutan. Kami meminta bantuan kepada BNNP Sulsel agar menghadirkan anjing pelacak,” ujar Sulistyadi saat dikonfirmasi, Jumat (14/5/2021).

Baca Juga : Jelang Idulfitri, Rutan Makassar Gelar Pasar Murah

Apalagi, lanjut Sulistyadi, di momen Lebaran Idulfitri ini ada peningkatan jumlah drastis terhadap penitipan barang dari luar. Hal ini jauh berbeda dengan hari biasanya.

“Untuk itu pengamanan dan antisipasi juga kami tingkatkan. Rencananya anjing pelacak ini dijadwalkan tiga hari berada di rutan,” beber Sulis sapaan karibnya.

Kepala Bidang Berantas BNNP Sulsel, Agustinus Sollu, mengatakan bahwa ini merupakan langkah preventif atau pencegahan yang dilakukan oleh BNNP Sulsel dengan Rutan Makassar.

Baca Juga : Lewat Pelatihan Pramuka, Rutan Klas 1 Makassar Dongkrak Minat dan Bakat Warga Binaan

Hadirnya anjing pelacak ini diapresiasi oleh Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto. Menurutnya, ini adalah salah satu bukti sinergi dan kerja sama yang baik dengan BNNP Sulsel dalam pencegahan peredaran gelap narkotika di rutan.

Penulis : Gilang Ramadhan
#Rutan Klas 1 Makassar #Anjing pelacak