Senin, 10 Mei 2021 09:10

Kepada Warga yang Lolos Mudik, Ini Pesan dari Kementerian Kesehatan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Para pemudik diminta untuk tidak terlarut dalam euforia pulang kampung.

RAKYATKU.COM - Sejumlah warga berhasil lolos untuk pulang ke kampung halaman dalam pelarangan mudik Lebaran 2021. Kebijakan larangan mudik ini mulai dari 6--17 Mei mendatang.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sekaligus Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi, menyampaikan bagi pemudik yang lolos diharapkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak.

“Tetap (terapkan) protokol kesehatan di kampung halaman, ingat virus ada di sekitar kita,” kata Nadia dikutip dari Jawa Pos, Senin (10/5/2021).

Baca Juga : Dalam Rangka Penguatan Industri Asuransi Kesehatan di Indonesia, OJK Siap Bersinergi dengan Kementerian Kesehatan

Para pemudik juga diminta untuk tidak terlarut dalam euforia pulang kampung. Sebaiknya aktivitas dilakukan di lingkungan rumah saja, tidak perlu berwisata, apalagi yang menimbulkan kerumunan.

Para pemudik perlu sadar diri akan kesehatannya. Jika kondisi badan merasa kurang fit, sebaiknya melakukan isolasi mandiri. “Kalau kurang sehat tunda aktivitas lakukan isolasi mandiri,” ucapnya.

Sementara itu, bagi masyarakat yang belum atau akan mudik, ia mengimbau agar tidak melakukan hal tersebut. Sebab, dikhawatirkan adanya pergerakan orang secara masif menimbulkan gelombang kasus yang makin meningkat.

Baca Juga : Digitalisasi Informasi Sebagai Senjata Utama Untuk Program Prioritas Kementerian Kesehatan RI

“Patuhi larangan pemerintah untuk kebaikan dan keselamatan kita bersama. Bersabar adalah bagian dari iman, termasuk bersabar menunda bertemu keluarga besar,” tuturnya.

#Kementerian Kesehatan #larangan mudik