Jumat, 07 Mei 2021 21:21

Wakil Wali Kota Makassar Sambut Baik Rencana BPJSTK Sasar Bank Sampah

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, menerima kunjungan rombongan BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) di rumah jabatan Wali Kota Makassar, Jumat (7/5/2021).
Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, menerima kunjungan rombongan BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) di rumah jabatan Wali Kota Makassar, Jumat (7/5/2021).

BPJSTK akan mengajak warga Makassar khususnya para pemilah sampah dan pemilik bank sampah untuk mendaftarkan dirinya terkaver BPJSTK.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, menerima kunjungan rombongan BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) di rumah jabatan Wali Kota Makassar, Jumat (7/5/2021).

Kunjungannya kali ini yakni silatuhrahmi pejabat baru Kepala BPJS Ketenagakerjaan Makassar, Hendrayanto.

Pada kesempatan tersebut juga digunakan untuk berdiskusi terkait perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada pekerja rentan informal, seperti pemulung sampah, pedagang kecil, pedagang pasar, ojek mandiri, buruh lepas sebagai bagian dari program pengendalian masyarakat miskin Makassar.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Jamin Stok Elpiji Aman, Pertamina Bentuk Satgas Rafi

Apalagi di masa pademi COVID-19, terjadi peningkatan risiko sosial terkait berkurang atau hilangnya pendapatan masyarakat pekerja rentan karena kematian dan kecelakaan kerja.

Salah satunya, BPJSTK akan mengajak warga Makassar khususnya para pemilah sampah dan pemilik bank sampah untuk mendaftarkan dirinya terkaver BPJSTK.

Mendengar hal itu, Fatma sangat mengapresiasi ide tersebut. Katanya, perlu ada sosialisasi yang lebih intens kepada masyarakat. Apalagi Makassar juga terkenal dengan salah satu kota yang partisipan pengelolaan bank sampahnya responsif.

Baca Juga : Bersama Pejabat Pemkot Makassar,Zulkifli Nanda Belajar Tata Kelola Utilitas Bawah Tanah

“Kami akan dukung apa pun itu asal untuk kepentingan masyarakat Kota Makassar. Buat video-video pendek sosialisasi soal ajakan karena ini masa pandemi tidak boleh berkerumun jadi buat video saja apa kegunaannya jika masyarakat ikut masuk terkaver di dalam BPJSTK,” ucapnya.

Selain itu, Fatma berpikir dengan adanya inovasi tersebut bisa membuat warga setempat berupaya untuk melakukan aksi hidup bersih dengan mengumpulkan sampah untuk dijadikan jaminan sosial lewat program BPJS Ketenagakerjaan.

“Program ini bisa menjadi pegangan bagi warga untuk hidup bersih sekaligus mendapat jaminan sosial. Tapi, kami juga perlu diskusikan lebih lanjut," jelas Fatma.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Janji Alokasikan Rp1 Miliar Dana Hibah untuk Masjid Al-Markaz

Untuk saat ini, Fatma menyebutkan beberapa telah di-cover BPJSTK dan iurannya di tanggung pemerintah seperti RT/RW, honorer, nelayan, dan yang terbaru para detektor dan tenaga kesehatan yang tergabung dalam Makassar Recover.

Sementara, Kepala Kantor BPJSTk Cabang Makassar, Hendrayanto mengatakan pihaknya ingin agar masyarakat Makassar terkaver oleh jaminan BPJSTK.

Jika sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, iuran akan dibayarkan melalui sampah-sampah yang dikumpulkan.

Baca Juga : Kebijakan Beli Elpiji 3 Kg Pakai KTP, Pemkot Makassar Akan Intens Pantau

“Teknisnya ini warga membawa sampah yang dikumpulkan untuk dijadikan iuran BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp16.800 per bulan dan banyak sekali manfaat yang akan dirasakan masyarakat,” ungkapnya.

Manfaatnya seperti masyarakat akan mendapatkan fasilitas biaya rumah sakit tanpa batas akibat kecelakaan kerja, santunan kematian akibat kecelakaan kerja minimal Rp55.800.000, santunan kematian sebesar Rp24.000.000.

Ia pun berharap ada dukungan dan dorongan penuh dari pemerintah agar berjalan sesuai harapan. “Minimal kita launching dulu memperkenalkan ke masyarakat,” tuturnya.

#pemkot makassar #BPJS Ketenagakerjaan #BPJS Ketenagakerjaan Makassar