Kamis, 06 Mei 2021 22:32

Adi Rasyid Ali Berpeluang Pimpin Demokrat Sulsel

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Adi Rasyid Ali Berpeluang Pimpin Demokrat Sulsel

"Penentunya adalah loyalitas kepada partai yang baru saja mereda kisruh internalnya itu," kata pengamat politik Arif Wicaksono.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Jadwal Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Sulawesi masih menjadi teka-teki. Sejauh ini belum ada jadwal resmi yang ditetapkan oleh DPP Demokrat.

Meski demikian, sejauh ini sejumlah nama kader Demokrat telah muncul sebagai calon ketua yang akan memimpin Demokrat Sulsel ke depan. Ada tiga nama yang disebut akan ikut bertarung memperebutkan kursi ketua.

Ketiga kader partai berlambang mercy yang digadang gadang akan maju, di antaranya Ni’matullah Erbe, Adi Rasyid Ali, dan Ilham Arief Sirajuddin.

Baca Juga : Sejumlah Terobosan Disiapkan ARA Jika Dipercaya Pimpin Demokrat Sulsel

Ulla, sapaan akrab Ni’matullah, saat ini merupakan Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel. Ia juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Sulsel.

Sementara itu, Adi Rasyid Ali (ARA) merupakan Ketua DPC Partai Demokrat Kota Makassar. ARA juga merupakan Wakil Ketua DPRD Makassar. Adapun Ilham Arief Sirajuddin (IAS) merupakan mantan Wali Kota Makassar dua periode.

 

"Di antara ketiga nama yang disebutkan, semuanya punya peluang, namun tentu dengan kadar yang berbeda karena pengaruh yang juga berbeda. Penentunya adalah loyalitas kepada partai yang baru saja mereda kisruh internalnya itu," kata pengamat politik Arif Wicaksono, Kamis (6/5/2021).

Baca Juga : Tanggapi KLB Demokrat di Hadapan AHY, Ni'matullah: Tradisi Kami Baku Tikam

Ketiga nama tersebut dinilai memiliki peluang yang sama untuk menduduki jabatan ketua Demokrat Sulsel. Namun, Ni'matullah disebut memiliki pengaruh yang lebih besar.

"Ni'matullah saat ini adalah anggota DPRD Sulsel dan juga merupakan Ketua Partai Demokrat Sulsel. Dengan semua posisi itu, tentu pengaruhnya akan lebih besar ketimbang yang lain. Apalagi dalam peristiwa kisruh Partai Demokrat yang berujung pada KLB yang lalu, Ni'matullah secara tegas memperlihatkan pemihakannya kepada Ketum AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) dengan menggunakan kiasan 'baku tikam'," tambahnya.

"Kemudian Adi Rasyid Ali saat ini adalah Wakil Ketua DPRD Sulsel dan juga Ketua Demokrat Kota Makassar. Atribut itu, menyebabkan ARA juga peluang cukup besar, apalagi dalam kisruh KLB kemarin, ARA juga memposisikan diri dengan tegas bersama AHY," lanjutnya.

Baca Juga : Ikut KLB di Deli Serdang, 4 Ketua DPC di Sulsel Dicopot dan Dipecat dari Demokrat

Sementara itu, Ilham Arief Sirajuddin pun disebut memiliki peluang. Tak hanya karena masih berstatus sebagai kader Demokrat, dia pun memiliki istri yang saat ini menjabat sebagai anggota DPR RI dari fraksi Demokrat.

"Sedangkan IAS juga saat ini masih kader Partai Demokrat dan beliau juga mantan Ketua Demokrat Sulsel, juga mantan Wali Kota Makassar dan juga mantan calon gubernur yang pengaruhnya masih ada sampai sekarang. Bu Aliyah, istri beliau, adalah anggota DPR RI dari fraksi Partai Demokrat, yang posisinya tentu saja berpihak kepada AHY, meskipun santer di dengar oleh publik, bahwa Pak IAS adalah salah satu tokoh yang mengirim perwakilan menuju KLB Demokrat Moeldoko," bebernya.

Penulis : Syukur
#Musda Demokrat Sulsel #demokrat sulsel