Kamis, 06 Mei 2021 13:31

Pesanan Online Meningkat di Pasar Mitra Tani Kementan

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pesanan Online Meningkat di Pasar Mitra Tani Kementan

Dalam sehari tidak kurang dari 100 pesanan online yang masuk ke Pasar Mitra Tani Bogor.

RAKYATKU.COM - Seiring meningkatnya kebutuhan pangan masyarakat menjelang Idulfitri, pemesanan bahan pangan secara online juga mengalami peningkatan.
 
Tidak hanya terjadi di Pasar Mitra Tani (PMT) Pasar Minggu Jakarta, layanan belanja online di PMT Cimanggu Bogor juga mengalami peningkatan tajam.

Petugas Pasar Mitra Tani Bogor, Rohman yang ditemui di outlet PMT Bogor, Rabu (5/5/2021) mengakui dalam sehari tidak kurang dari 100 pesanan online melalui Gojek dan Grab yang masuk ke Pasar Mitra Tani Bogor.
 
"Gak berhenti pesanan masuk dari Gojek dan Grab, mulai buka dari jam 9 sampai jelang tutup jam 14.00. Apalagi nanti makin dekat lebaran pasti tambah banyak," tambahnya.

Hal senada diakui driver Gojek, Suryani yang mengungkapkan banyaknya pemesanan ke Pasar Mitra Tani Bogor karena kualitas produk yang dijual bagus dan harga di bawah pasar.

Baca Juga : Survei Terbaru Calon Gubernur Sulsel: Menteri Pertanian, Kabaharkam, Waketum Golkar Hingga Bupati Gowa Teratas

"Hampir tiap hari saya dapat orderan ke sini. Seringnya  beras, telur, daging, menurut saya karena lebih praktis ya jadi lebih pilih pesan via ojek online dibanding datang langsung," ungkapnya.


 
Tidak hanya melayani pemesanan online, PMT juga tetap melayani pembelian langsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.
 
Salah seorang pembeli warga Cimanggu yang bernama Marwa memilih belanja di Pasar Mitra Tani karena suasananya bersih dan nyaman. Harga terjangkau lebih murah dari pasar sudah saya buktikan, apalagi jelang lebaran ini ada kenaikan harga di pasar

"Di sini nyaman buat belanja ada protokol kesehatan, yang penting juga harga terjangkau lebih murah dari di pasar," ujarnya

Baca Juga : Panen Jagung di Lokasi Food Estate Gunung Mas Memuaskan

Tidak hanya lebih murah, Marwa mengakui kualitas produk yang dijual juga bagus sehingga dia selalu memilih untuk belanja di Pasar Mitra Tani Bogor.

"Saya belanja tiap hari, tapi sering nya saya beli online via gojek atau grab kalau tidak sempat keluar, karena sudah tau barangnya bagus gak ragu beli online, ya lebih praktis itu yang saya rasakan," ujarnya.

Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan, Risfaheri mengatakan pemesanan secara online pada April 2021 meningkat 48 persen dari bulan sebelumnya. Dia juga mengungkapkan, pemesanan secara online memudahkan masyarakat untuk mengakses bahan pangan.
 
“Cukup hanya dengan memainkan jemari di layar handphone, kita bisa belanja bahan pangan di Pasar Mitra Tani. Tentunya ini semakin memudahkan masyarakat, terlebih lagi menjelang Idulfitri kita memberikan fasilitas free ongkir bagi pembelian melalui aplikasi PasTani, GrabMart serta Digiretail Mandiri,” ujar Risfaheri. 

Baca Juga : Pupuk Indonesia Dukung Sulsel Menuju Swasembada Pangan 2024. Mentan: Manfaatkan Lahan Rawa

“Kami juga dorong Pasar Mitra Tani di daerah yang berada di bawah pengelolaan dan binaan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi untuk dapat melayani belanja online. Layanan belanja online free ongkir dalam menghadapi Ramadhan dan Idulfitri ini, juga berlaku bagi PMT di daerah yang telah dapat menjalankan aplikasi belanja online. Saat ini baru provinsi Jateng dan Sulsel yang sudah memanfaatkannya,” ungkap Risfaheri.
 
Sementara itu Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi mengatakan, berbelanja secara online akan terus menjadi tren ke depan terlebih lagi kondisi pandemi di mana masyarakat diminta untuk membatasi pergerakan dan berada di rumah saja,
 
“Karena itu kita antisipasi dengan membangun aplikasi belanja online PasTani dan melakukan kerja sama dengan berbagai jasa pengantaran online,” ungkapnya.
 
Inovasi layanan secara online ini menjadi bagian dari konsen Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang mendorong sektor pertanian dan pangan ke arah digitalisasi dan pengoptimalan teknologi.

#kementan #pasar mitra tani