Jumat, 30 April 2021 08:01

Plt Gubernur Sulsel Apresiasi Pendampingan KPK Cegah Korupsi

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi peran Satuan Tugas (Satgas) Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) KPK Wilayah IV dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi di Sulsel.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi peran Satuan Tugas (Satgas) Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) KPK Wilayah IV dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi di Sulsel.

"Kami mengapresiasi peran Kasatgas Korsupgah KPK Wilayah IV yang senantiasa melakukan pendampingan dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi," kata Andi Sudirman Sulaiman dalam Rapat Koordinasi Program Pencegahan Korupsi di Provinsi Sulsel secara virtual dari Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel, Kamis, (29/4/2021).

Pertemuan virtual tersebut dilaksanakan dengan agenda Rapat Koordinasi Progres Penyusunan Rencana Aksi Tahun 2021 pada Pemerintah Provinsi Sulsel. Pemprov Sulsel disebut senantiasa berupaya melakukan perbaikan dan evaluasi untuk lebih baik. Pihaknya pun melakukan evaluasi menyeluruh di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR). Hal itu untuk memaksimalkan program-program prioritas.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Kunjungi Soppeng, Tebar 160 Ribu Benih Ikan di Salomate

"Kami juga melakukan review konstruksi bagaimana langkah pemulihan ekonomi dari anggaran APBD dan dana PEN. Kami juga mendorong untuk serapan anggaran belanja APBD, khususnya untuk belanja modal," tambahnya.

Andi Sudirman pun melaporkan terkait utang Pemprov Sulsel tahun 2020 lalu yang tersisa 5 persen dari utang yang telah diverifikasi dan diakui oleh BPKP dan Inspektorat. Ia mengatakan, salah satu yang saat ini digodok untuk optimalisasi pemberian TPP bagi ASN. Dimana nilai yang diterima sesuai dengan kinerja.

"Kami juga melakukan terobosan dalam Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ). Diantaranya, perbaikan sistem pada PBJ. Terkait pencegahan tindak pidana korupsi, kami mohon Kasatgas Korsupgah KPK untuk terus berkoordinasi dengan kami, bagaimana target kami dari optimistis menjadi hal realistis plan. Sehingga, upaya ini bisa maksimal dan sukses untuk ke depan," jelasnya.

Baca Juga : Komitmen Pemprov - PKK Sulsel Turunkan Stunting, Kampanyekan Makan Telur untuk Anak dan Ibu Hamil

Untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Andi Sudirman akan mendorong untuk pemulihan ekonomi yang bersentuhan langsung untuk masyarakat.

"Kami berharap dengan Rapat Koordinasi ini sebagai upaya kami memaksimalkan untuk jauh lebih baik dan transparan," sebutnya.

Sementara, Ketua Satuan Tugas (Kasatgas) Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) KPK Wilayah IV, Niken Ariati memberikan arahan rencana aksi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Niken memberikan beberapa masukan terhadap rencana aksi Pemprov Sulsel tahun 2021 ini. Serta mendorong agar Pemprov Sulsel mendorong kinerja lebih terukur dan ada percepatan.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Bertekad Jadikan Wajo Pusat Perikanan Air Tawar

"Apresiasi dari kami terhadap upaya Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk melakukan upaya pencegahan korupsi. Harapan kami, ada inovasi dengan inisiatif lebih substantif," katanya.

Penulis : Syukur
#Pemprov Sulsel #KPK