Kamis, 29 April 2021 21:40

Fatma Tekankan Rencana Pembangunan Makassar Terintegrasi dengan RPJMD

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi.
Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi.

Fatma berharap dokumen RAD tersebut dapat disusun secara maksimal. Tentunya dengan peran aktif semua pihak terkait.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, membuka rapat koordinasi penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) dengan kerangka Sustainable Development Goals (SDGs) Kota Makassar untuk periode 2021--2026.

Rakor berlangsung di Ruang Rapat Sipakale'bi Lantai 2, Balai Kota Makassar, Kamis (29/4/2021). Dihadiri perwakilan dari Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kota Makassar, unsur OPD, NGO, organisasi kemasyarakatan, pelaku usaha, dan unsur terkait lainnya.

Pada kesempatan itu, Fatma menekankan pentingnya mengetahui secara detail tujuan dari SDGs. Terutama menyesuaikan dengan RPMJD.

Baca Juga : Fatmawati Rusdi Jadi Wakil Ketua Umum Organisasi Pengusaha Pelayaran Nasional

Menurut mantan anggota DPR RI itu, perencanaan yang disusun harus terus mengacu pada tujuan pembangunan yang berkelanjutan, yakni pembangunan yang berkesinambungan.

"RAD SDGs ini harus terus mengacu pada 17 goals atau tujuan pembangunan berkelanjutan. Salah satunya adalah menciptakan pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, kota dan pemukiman yang berkelanjutan," beber Fatma.

Ia pun berharap dokumen RAD tersebut dapat disusun secara maksimal. Tentunya dengan peran aktif semua pihak terkait.

Baca Juga : Fatmawati Rusdi Dilantik Jadi Waketum Asosiasi Pengusaha Pelayaran Niaga Nasional

"Dokumen rencana aksi daerah untuk lima tahun ini bisa tercapai dengan keterlibatan aktif dan komitmen dari pemerintah dan seluruh unsur terkait. Mulai dari pelaksanaan, monitoring hingga pencapaian hasil nantinya," demikian Fatma.

Diketahui, SDGs merupakan salah satu pedoman dalam menyusun perencanaan pembangunan daerah.

Dalam rakor tersebut, para peserta turut dibekali materi pelaksanaan monitoring dan evaluasi hingga pelaporan kegiatan RAD SDGs. Selain itu, juga dipaparkan materi tentang strategi pemerintah dalam penganggaran kegiatan pembangunan yang berkaitan dengan SDGs atau tujuan pembangunan berkelanjutan.

#pemkot makassar #Fatmawati Rusdi