Senin, 12 April 2021 17:31

Bupati Wajo Serahkan LKPJ Tahun 2020

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Wajo Serahkan LKPJ Tahun 2020

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Wajo menggelar Rapat Paripurna Penyerahan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Wajo Tahun 2020 di Ruang Rapat Parupurna DPRD Wajo , Senin (12/4/2021).

RAKYATKU.COM,WAJO - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Wajo menggelar Rapat Paripurna Penyerahan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Wajo Tahun 2020 di Ruang Rapat Parupurna DPRD Wajo , Senin (12/4/2021).

Rapat paripurna tersebut dihadiri oleh Bupati Wajo, H. Amran Mahmud, Para Pimpinan dan Anggota DPRD Wajo, Unsur Forkomimda, serta Sekda bersama pimpinan OPD Kab. Wajo.

Ketua DPRD Wajo, Andi Alauddin Palaguna dalam pengantarnya menyampaikan bahwa rapat paripurna ini dalam rangka penyerahan LKPJ Bupati Wajo Tahun 2020 kepada DPRD Wajo untuk selanjutkan dibahas di DPRD.

Baca Juga : Penjabat Bupati Wajo Kunjungi RSUD Lamaddukelleng Sengkang

Sementara, Bupati Wajo, H. Amran Mahmud dalam sambutannya menyampaikan
bahwa secara umum pengelolaan keuangan daerah Tahun Anggaran (TA) 2020 telah terlaksana dengan baik berkat kerjasama dan koordinasi yang baik antara semua stakeholder pemerintahan di Kabupaten Wajo.

"Penyampaian LKPJ ini merupakan gambaran hadirnya mekanisme yang seimbang, termasuk kesetaraan dan kemitraan hubungan antara Kepala Daerah yang menjalankan fungsi eksekutif, dengan DPRD yang menjalankan fungsi Legislatif. Kedua pihak telah berbarengan menjalankan fungsi pemerintahan daerah di Kabupaten Wajo, " Sebut Bupati Wajo.

Lebih lanjut, H. Amran Mahmud mengatakan selama satu tahun ini, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Wajo dari sisi permintaan, masih didukung oleh kinerja investasi dan konsumsi. Sementara dari sisi penawaran (sektoral), kinerja perekonomian Kabupaten Wajo lebih banyak didorong oleh sektor pertanian.

Baca Juga : DPRD Wajo Gelar Rapat Paripurna LKPJ Tahun 2023 Bersama Pj Bupati

"Jika melihat kinerja perekonomian Kabupaten Wajo dalam tahun terakhir ini, tantangan ke depan adalah bagaimana menjaga momentum pertumbuhan, dan bahkan peningkatannya, "Jelasnya.

Peningkatan indikator pertumbuhan ekonomi ini kata Bupati tentunya akan berimplikasi pada meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat.

"Pendapatan Asli Daerah mencapai Rp 143.830 milyar lebih. Ini bukti bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat semakin meningkat, dimana aspek kesejahteraan masyarakat yang ditunjukkan oleh kecenderungan menurunnya kemiskinan dan pengangguran di Kabupaten Wajo, " Tegasnya.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo