Jumat, 02 April 2021 09:06

Setelah 121 Tahun, Coklat Peninggalan Perang Hadiah Ratu Victoria Ditemukan Masih Utuh

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Reuters.
Foto: Reuters.

Ratu Victoria mengirim 100 ribu batang coklat untuk mengobarkan semangat para tentara di medan perang.

RAKYATKU.COM - Sebatang coklat berusia 121 tahun, dari satu paket yang dikirimkan oleh Ratu Victoria untuk pasukan Inggris yang bertempur di Afrika Selatan, ditemukan masih tersimpan di kaleng pelatihan di loteng rumah seorang bangsawan Inggris.

Coklat itu milik Sir Henry Edward Paston-Bedingfield, bangsawan Inggris yang bertempur dalam Perang Boer Kedua. Coklat yang ditemukan di dalam kotak helm Henry di rumah leluhur keluarganya, Oxburgh Hall yang berusia 500 tahun di Norfolk, Inggris timur.

“Meskipun ... Anda tidak menginginkannya sebagai suguhan Paskah Anda, (coklat) ini masih utuh dan penemuan yang luar biasa,” kata Anna Forrest, Kurator Warisan Budaya di National Trust, sebuah badan amal warisan yang Yayasan Oxburgh Hall, dikutip dari VOA Indonesia , Jumat (2/4/2021).

Baca Juga : Peluru Depleted Uranium Sudah Ada di Ukraina, Rusia Kutuk Keputusan Inggris

Di bagian tutup bagiannya terdapat pesan dari tulisan tangan Victoria yang berbunyi "Saya ucapan kaleng selamat Tahun Baru" dan tulisan "Afrika Selatan 1900", serta potret ratu, sebagaimana dilansir dari Reuters.

The National Trust, sebuah organisasi yang melestarikan peninggalan budaya, mengatakan pihaknya yakin Henry menyimpan helm dan coklat sebagai kenang-kenangan atas partisipasinya dalam perang. Barang-barang itu ditemukan di antara barang-barang milik putrinya, Frances Greathead, setelah kematiannya pada usia 100 tahun pada 2020.

Perang Boer Kedua terjadi pada 1899 dan 1902. Dalam perang itu, pasukan Inggris menghadapi pasukan dari dua negara Afrika Selatan merdeka yang dijalankan oleh Boer, petani berbahasa Afrikan. Di dua negara itu ditemukan cadangan emas dan berlian dalam jumlah besar.

Baca Juga : Pangeran Harry Akan Hadiri Penobatan Raja, Meghan Tetap di California

Victoria mengirim 100 ribu batang coklat untuk mengobarkan semangat para tentara di sana.

#Coklat #Ratu Victoria #Inggris