Kamis, 25 Maret 2021 23:03

Lewat Pelatihan Pramuka, Rutan Klas 1 Makassar Dongkrak Minat dan Bakat Warga Binaan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ketua Kwartir Cabang Pramuka Makassar, Iqbal Suhaeb.
Ketua Kwartir Cabang Pramuka Makassar, Iqbal Suhaeb.

Iqbal Suhaeb mengatakan bahwa Pramuka dapat memberikan pelatihan tentang nilai nasionalisme, kebangsaan, serta kerja sama dan cara hidup yang baik.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Lewat pelatihan Pramuka, Rutan Klas 1 Makassar membangun jiwa nasionalisme warga binaan. Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Ketua Kwartir Cabang Pramuka Makassar, Iqbal Suhaeb.

Iqbal Suhaeb mengatakan bahwa Pramuka adalah salah satu yang sifatnya inklusif kepada seluruh masyarakat.

"Baik anak sekolah pelajar, mahasiswa, masyarakat umum, dan seluruh komponen masyarakat dan juga masyarakat yang bermasalah dengan hukum,” ujarnya, Kamis (25/03/2021) saat menghadiri pelantikan Pengurus Pramuka Gudep 08.131 - 08.132 Pangkalan Rutan Klas 1 Makassar.

Baca Juga : Cegah Penyelundupan, Rutan Makassar Siapkan 2 Anjing Pelacak

Gerakan Pramuka ini, lanjut pria yang pernah menjabat sebagai Plt Wali Kota Makassar ini, dapat memberikan pelatihan tentang nilai nasionalisme, kebangsaan, serta kerja sama dan cara hidup yang baik.

"Nilai-nilai itu semua dapat tertular untuk warga binaan. Kami juga akan menerapkan disiplin jujur dan percaya diri serta jiwa nasionalisme supaya bisa bertahan hidup," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Rutan Klas I Makassar, Sulistyadi, menyampaikan bahwa warga binaan yang ada di rutan sekarang ini sebanyak 1.500 orang dan yang diikutkan dalam pelatihan Pramuka hanya dikhususkan untuk anak muda.

Baca Juga : Jelang Idulfitri, Rutan Makassar Gelar Pasar Murah

"Harus disadari kalau mereka sumber daya manusia yang harus dikelola. Ketika salah pengelolaan maka sumber daya ini tidak ada manfaatnya," beber Sulistyadi.

Maka dari itu, dengan adanya pelatihan ini, dia berharap agar warga binaan bisa mengubah sedikit demi sedikit karakternya.

#Rutan Klas 1 Makassar #Pramuka Kwarcab Makassar