Rabu, 24 Maret 2021 16:18

Bapenda Barru Terus Genjot PAD, Ketua Sapma PP Barru: Kita Dukung!

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kabid Penagihan Pembukuan dan Pelaporan Bapenda Barru, Amar.
Kabid Penagihan Pembukuan dan Pelaporan Bapenda Barru, Amar.

Bapenda Barru akan melakukan berbagai terobosan demi meningkatkan PAD Barru, seperti menambah potensi objek pajak yakni air bawah tanah (ABT) dan objek sarang burung walet.

RAKYATKU.COM, BARRU - Pemerintah Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, terus meningkatkan kinerja demi mencapai target pendapatan asli daerah (PAD). Berbagai cara ditempuh, seperti upaya sosialisasi pajak.

Menurut Kabid Penagihan Pembukuan dan Pelaporan Bapenda Barru, Amar, PAD menjadi suatu indikator yang menentukan derajat kemandirian suatu daerah. PAD sangatlah penting untuk kesejahteraan dan kemajuan daerah.

"Kami berupaya untuk memaksimalkan pengawasan, perbanyak sosialisasi, dan penagihan secara persuasif, apalagi di tengah pandemi. Kami juga mengetahui kondisi masyarakat sekarang bagaimana sulitnya untuk pemulihan ekonomi," kata Amar, Rabu (24/3/2021).

Baca Juga : Bupati Barru Gelar Buka Puasa untuk Mengenang Almarhumah Hasnah Syam

Dalam beberapa tahun terakhir, kata Amar, pihaknya telah bekerja secara maksimal, karena hampir seluruh pajak daerah yang dikelolanya, pendapatan mencapai target. Kendati demikian, Amar yang juga selaku Pembina Sapma Barru ini mengaku, masih akan terus bekerja keras demi memaksimalkan PAD.

"Terkait kinerja kami, alhamdulillah cukup maksimal. Kita berupaya mencapai target PAD, terbukti sembilan pajak daerah yang dikelola, hanya pajak parkir dan PBB yang belum capai target. Tapi, kami yakin untuk ke depannya, kami bisa maksimalkan kedua item tersebut," ujarnya optimistis.

Ke depan, Bapenda Barru akan melakukan berbagai terobosan demi meningkatkan PAD Barru, seperti menambah potensi objek pajak yakni air bawah tanah (ABT) dan objek sarang burung walet.

Baca Juga : Bupati Barru Berikan Penghargaan dan Insentif kepada Petugas Kebersihan

Selain itu, pengawasan akan ditingkatkan dan menindak tegas siapa pun yang tidak tertib dengan pajak. Langkah yang diambil tetap berada di bawah garis koordinasi dan arahan Bupati Barru, Suardi saleh, sebagai pimpinan tertinggi pemerintahan di Barru.

"Bilamana ada yang kami temukan tidak mau tertib, ya, kita ambil langkah tegas dengan pemberian sanksi ringan sampai yang berat, seperti penutupan tempat obyek tersebut. Tapi, kesadaran wajib pajak sebenarnya yang paling utama. Maka kami terus sosialisasi," tegasnya.

Selaku bagian dari keluarga besar Sapma PP Barru, Amar juga meminta para kader agar selalu mendukung dan bahkan mengawal segala bentuk kebijakan pemerintah agar Barru sejahtera dan maju, sesuai visi kepala daerah.

Baca Juga : Pemkab Barru Serahkan Laporan Keuangan 2023 ke BPK

Keberhasilan Bapenda Barru mencapai target PAD, direspons baik oleh Sapma PP Barru. Menurutnya, sebagai pemuda harus selalu mendukung segala bentuk kebijakan pemerintah demi mensejahterakan bahkan memajukan Kabupaten Barru.

"Kami akui kerja keras Bapenda Barru dalam pencapaian PAD-nya. Kami apresiasi hal itu. Tapi, pemerintah tak boleh lengah agar target pajak tercapai dan juga menindak tegas para wajib pajak yang tak tertib atau bandel," harap Katua Sapma PP Barru, Budiawan Faedal.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #Bapenda Barru