Selasa, 23 Maret 2021 11:45

Dua Dosen Jepang Mengajar di Fakultas Keperawatan Unhas

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dua Dosen Jepang Mengajar di Fakultas Keperawatan Unhas

Kaikoukai Healtcare Group merupakan perusahaan global Jepang pada bidang industri pelayanan kesehatan.

RAKYATKU.COM -- Universitas Hasanuddin melalui Fakultas Keperawatan bersama Kaikoukai Healthcare Corporation menyepakati kerja sama dalam bidang Tridharma.

Kerja sama ini merupakan bagian dari peran Fakultas Keperawatan Unhas dalam mewujudkan internasionalisasi Unhas menuju World Class University.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kemitraan Fakultas Keperawatan Unhas, Syahrul Said, SKep, Ns, MKes, PhD, pihaknya intensif menjajaki kerja sama dengan berbagai pihak, kampus maupun industri.

Baca Juga : Begini Kata GM PLN UID Sulselrabar kepada Mahasiswa UNHAS tentang Transisi Energi

Kaikoukai Healtcare Group sendiri merupakan perusahaan global Jepang pada bidang industri pelayanan kesehatan.

Lebih lanjut, Syahrul menuturkan kerja sama dengan Kaikoukai dalam bentuk kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan dan penelitian.

Implementasi kerja sama ini antara lain penempatan dua orang staf pengajar dari Kaikoukai sebagai dosen di Unhas. Masing-masing merupakan pakar keperawatan dasar dan pakar terapi olahraga.

Baca Juga : BPJS Kesehatan Kembali Bekerjasama dengan UNHAS. Wakil Rektor IV; Semua Wajib Punya BPJS Kesehatan

Selain itu, juga telah terbentuk tim riset bersama dari Kaikoukai yang akan melakukan penelitian terkait terapi olahraga untuk pasien dengan penyakit kronis.

"Kerja sama ini sangat bermanfaat bagi kami, pertama untuk mempertahankan standar akreditasi internasional ASIIN. Selain itu, adanya dosen asing dari Kaikoukai juga meningkatkan capaian program internasional Unhas, sekaligus dapat menghasilkan publikasi internasional bereputasi, hak cipta atau paten," jelas Syahrul.

Setelah MoU ini, Syahrul menambahkan akan melanjutkan kerja sama yang telah berjalan sejak akhir 2019 yaitu pendidikan untuk mahasiswa FKep dan perawat alumni Unhas, dua orang staf Kaikoukai yang menjadi Dosen Unhas akan lanjut mengajar di beberapa mata kuliah mulai semester ini dan semester selanjutnya serta melanjutkan riset bersama dosen FKep Unhas dengan peneliti dari Kaikoukai.

Baca Juga : IOH Masuk Kampus Kampanyekan Anti Hate Speech Lewat Kompetisi dan Festival Film Pendek SOS 2023

Kaikoukai Healthcare Corporation merupakan sebuah lembaga perusahaan global berkantor utama di Nagoya, Jepang.

Perusahaan ini bergerak di bidang pelayanan kesehatan, di antaranya rumah sakit umum dan rumah sakit rehabilitasi, rumah perawatan lansia, dan sebagainya.

Kesepakatan kerja sama dengan Unhas telah ditandatangani Dekan Fakultas Keperawatan Unhas, Dr Ariyanti Saleh, SKp MSi dan Chairperson Kaikoukai Healthcare Corporation, Hirohisa Kawahara secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

#unhas #fakultas keperawatan unhas