Jumat, 19 Maret 2021 23:22

Kunjungi UKM, Ilham Azikin: Pengusaha Bantaeng Tetap Produktif di Masa Pandemi Covid-19

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kunjungi UKM, Ilham Azikin: Pengusaha Bantaeng Tetap Produktif di Masa Pandemi Covid-19

Bupati Bantaeng, Ilham Azikin gembira melihat UMKM berkembang setelah mendapat bantuan modal usaha dari pemerintah kabupaten.

RAKYATKU.COM,BANTAENG - Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin turun langsung melihat pelaku usaha yang telah menerima bantuan modal usaha berbasis dusun dan RW.

Kunjungan diawali di Kampung Gusung, Kelurahan Lamalaka, Kecamatan Bantaeng. Di sana, bupati bergelar doktor ilmu pemerintahan itu bertemu dengan pelaku usaha bengkel las bernama Daniel.

Daniel menyampaikan bahwa untuk pertama kalinya ia menerima bantuan modal untuk usahanya. Bantuan itu berdampak positif bagi usahanya.

Baca Juga : Lantik UMKM Squad, Sofha Marwah Bahtiar Minta Perbanyak Promosi di Sosial Media

Tenaga kerja yang dulunya hanya dua orang, kini dia tambah menjadi empat orang. Seluruh tenaga kerjanya adalah warga di sekitar rumahnya yang dulunya menganggur.

"Selain itu kami juga telah banyak menerima pesanan. Seperti karoseri, pagar, kanopi, pengaman jendela, rak pot bunga dan lainnya yang bisa kami kerjakan. Alhamdulillah produksi kami meningkat seiring dengan bertambahnya pesanan," ungkapnya.

Hal itu juga berkat dukungan dari pendamping bantuan modal yang kata dia senantiasa membimbingnya.

Baca Juga : Begini Kata Kepala OJK Sulselbar Darwisman tentang Pengelolaan Keuangan UMKM

Setelah kunjungan itu, Ilham Syah Azikin melaksanakan salat Jumat bersama dengan masyarakat di Kampung Gusung.

Usai salat, dia mengingatkan warga untuk menjaga dan saling peduli ke sesama. Terutama sikap gotong royong dan saling menjaga akan hal-hal buruk.

Baca Juga : Berdayakan Puluhan Ribu UMKM, IDE by Indosat Business Optimalkan Platform Digital

"Saat ini kita masih dalam suasana pandemi. Mari bersama kita mematuhi protokol kesehatan agar kita dapat terhindar dari paparan Covid-19. Kemudian memasuki musim kemarau kita juga perlu berhati-hati akan adanya angin kencang dan kebakaran," harapnya.

Kunjungan berlanjut di Dusun Birea, Desa Pa'jukukang, Kecamatan Pa'jukukang. Tepatnya di rumah pelaku usaha bernama Muh Irsan. Usaha yang digelutinya merupakan pembuatan perahu fiber.

Melalui bantuan modal, usahanya tumbuh positif. Tenaga kerjanya pun ikut bertambah seiring bertambahnya pesanan dari Bantaeng bahkan sampai dari luar daerah.

Baca Juga : UMKM Asal Gowa Jadi Pemenang Pangan Award 2023

Selain perahu, untuk mengikuti perkembangan pasar, Muh Irsan kini juga memproduksi body kit mobil dan tandon air.

Melihat banyaknya produk yang kini dihasilkan usaha Muh Irsan, Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin menyarankan untuk memberi merek dan logo pada produknya.

Bupati Bantaeng akan terus berupaya untuk memfasilitasi jalinan kerja sama pelaku usaha di Bantaeng dengan berbagai pihak.

Baca Juga : Jelang Akhir Masa Jabatan, Ilham Azikin: Jaga Kebersamaan

"Termasuk untuk merek dan logo, kami akan lakukan kerja sama dengan Akademi Komunitas yang ada di Bantaeng agar dapat bekerja sama dengan para pelaku usaha. Kami ingin produk para pelaku usaha di Bantaeng dijual ke luar dengan merek dan logo dari Bantaeng," harapnya.

Kunjungan selanjutnya ke pelaku usaha cetak batu merah di Dusun Balla'borong, Desa Borong Loe, Kecamatan Pa'jukukang bernama Lae.

Di sana, Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin melihat kondisi usaha Lae yang telah berkembang pasca mendapat bantuan modal usaha.

Baca Juga : Jelang Akhir Masa Jabatan, Ilham Azikin: Jaga Kebersamaan

Lae menerangkan, kini usahanya berkembang pesat. Kini dirinya tidak kesulitan lagi dalam hal bahan baku. Untuk air yang merupakan komponen penting dalam pembuatan batu merah, Lae yang merupakan disabilitas kini telah merasa bahagia dengan adanya sumber air dari bor yang mengalir siang dan malam.

Dirinya kini juga telah merekrut tenaga kerja untuk produksi batu merah. Pesanan demi pesanan pun datang pada Lae.

Penulis : Irmawati Azis
#bantaeng #ilham azikin #umkm