Senin, 15 Maret 2021 18:52

Ekonomi Membaik, Perusahaan Jepang di Indonesia Siap Ekspansi

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ekonomi Membaik, Perusahaan Jepang di Indonesia Siap Ekspansi

JETRO adalah badan organisasi yang terkait dengan pemerintah Jepang, yang bekerja untuk mempromosikan hubungan perdagangan dan investasi antara Jepang dengan negara-negara lain di dunia.

RAKYATKU.COM, JAKARTA – Pemerintah telah bekerja keras untuk memperbaiki pertumbuhan ekonomi Indonesia dari dampak pandemi Covid-19. Beberapa upaya tersebut di antaranya program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) hingga program vaksinasi.

“Harapannya persoalan ekonomi segera bangkit sehingga daya beli masyarakat meningkat,” tutur Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko saat audiensi secara daring bersama perwakilan Japan External Trade Organization (JETRO) Indonesia di Situation Room Gedung Bina Graha Jakarta, Senin (15/3).

JETRO adalah badan organisasi yang terkait dengan pemerintah Jepang, yang bekerja untuk mempromosikan hubungan perdagangan dan investasi antara Jepang dengan negara-negara lain di dunia.

Baca Juga : Istri Moeldoko Meninggal Dunia

Kepada JETRO, Moeldoko yang didampingi Staf Khusus Kantor Staf Presiden (KSP) Arif Budi Hardono, Deputi III KSP Panutan S. Sulendrakusuma beserta para tenaga ahli Deputi III KSP dari Kepada KSP menyinggung adanya stimulus bagi korporasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang diberikan melalui program PEN.

Selain itu, belum lama ini, Pemerintah juga memberikan keringanan pajak untuk pembelian mobil dan rumah. Tidak hanya itu, Moeldoko juga menjelaskan bagaimana kehadiran UU Cipta Kerja akan memberikan kemudahan bagi investor untuk datang ke Indonesia, sehingga bisa menjadi pengungkit ekonomi ke depan.

“Pastinya, upaya-upaya itu perlu kontribusi berbagai pihak. Pengusaha dan Pemerintah perlu terus berkomunikasi untuk melihat perkembangan isu yang ada. Sementara Jetro sebagai strategic partner antara swasta dan Pemerintah perlu menjaga eksistensinya dan bekerja sama dengan baik, terutama dengan KSP,” imbuh Moeldoko.

Baca Juga : Perintah Presiden Jokowi, Pemda Tanggung Biaya Transportasi Bahan Pokok Saat Harga Naik

Pada kesempatan yang sama, Staf Khusus KSP Arif Hardono mendorong JETRO untuk menjaga komunikasi yang baik antara Pemerintah Indonesia dan Jepang.

“Apa yang kami sampaikan, terutama mengenai upaya pemulihan ekonomi ini juga perlu disampaikan. Apalagi, Pemerintah telah menyiapkan anggaran hingga Rp699 triliun untuk program PEN pada 2021 ini,” jelas Arif.

Menanggapi kondisi ekonomi Indonesia saat ini, Perusahaan-perusahaan asal Jepang yang berbasis di Indonesia berencana untuk melakukan ekspansi dalam satu hingga dua tahun ke depan. Salah satu alasannya, keuntungan perusahaan-perusahaan tersebut bakal melesat pada tahun 2021 setelah pada 2020 anjlok terdampak pandemi Covid-19.

Baca Juga : KSP Koordinasi Pembentukan Mobile Training Team Layani Masyarakat yang Isoman

Data ini tertuang dalam hasil survei JETRO terhadap lebih dari 1.000 perusahaan Jepang di Indonesia.

Seperti disampaikan Presiden Direktur JETRO Indonesia Keishi Suzuki. Keishi memaparkan, perusahaan asal Jepang di Indonesia melihat adanya peningkatan penjualan di dalam negeri maupun penjualan ekspor.

Meski begitu, Keishi menjelaskan, peningkatan upah buruh jadi salah satu isu yang menjadi perhatian para perusahaan asal Jepang tersebut.

Baca Juga : KSP Terus Giatkan Gerakan Sebar Masker "dari Pintu ke Pintu"

“Terutama yang bergerak di bidang manufaktur. Mereka berharap Undang-Undang Cipta Kerja bisa memperbaiki situasi tersebut,” jelas Keishi.

#kantor staf kepresidenan #Moeldoko