Senin, 08 Maret 2021 16:05

Ikut KLB di Deli Serdang, 4 Ketua DPC di Sulsel Dicopot dan Dipecat dari Demokrat

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Agus Harimurti Yudhoyono (kiri), Ni'matullah (Ketua Demokrat Sulsel) dan Azizah Irma Irwan (Sekretris Demokrat Sulsel)
Agus Harimurti Yudhoyono (kiri), Ni'matullah (Ketua Demokrat Sulsel) dan Azizah Irma Irwan (Sekretris Demokrat Sulsel)

Selain dicopot dari jabatannya, empat Ketua DPC di Sulsel juga dipecat dari Demokrat karena hadir pada KLB Demokrat di Deli Serdang.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Empat Ketua DPC Demokrat di Sulsel dicopot dari jabatannya, setelah ikut hadir pada Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021).

Sekretaris Demokrat Sulsel, Irma Irwan Hamid mengungkapkan, keempat kader Demokrat itu tidak patuh pada aturan organisasi. Selain dilengserkan dari jabatannya sebagai ketua DPC, keempatnya juga dipecat dari keanggotaannya di Partai Demokrat.

"Betul, kita sudah Plt-kan setelah dicopot dan dipecat," kata Irma, Senin (8/3/2021).

Baca Juga : Demokrat Barru Buka Peluang Milenial Jadi Kader

Keempatnya yakni Andi Insan Tanri (Ketua Demokrat Sidrap), Andi Haeruddin (Ketua Demokrat Barru), Andi Muhammad Ridha (Ketua Demokrat Pangkep), dan H Ikrar Ikhsan (Ketua Demokrat Takalar).

"Iya betul, 4 DPC ini," sebut Irma Irwan Hamid.

Dikatakan, pemecatan ini berdasarkan instruksi yang disampaikan kepada semua jajaran, untuk mengambil tindakan tegas pada kader yang tidak taat. Bahkan, hingga saat ini, pihaknya masih melakukan pemantauan dengan ketat terhadap semua DPC Demokrat se-Sulsel.

Baca Juga : Masuk Partai Demokrat, Mantan Ketua Asosiasi Advokat Indonesia Daftar Bacaleg DPR RI

"Perintahnya jelas, kalau ada kader yang tidak taat pasti kita pecat. Sulsel tetap solid untuk AHY. Sampai hari ini, hanya 4 DPC yang kita Plt-kan. Kami tetap memantau DPC semua," sebutnya.

Sementara itu Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel, Ni'matullah Erbe mengatakan, hari ini masih berada di Jakarta mengikuti rapat internal partai Demokrat.

"Lagi di Jakarta, masih sementara rapat," katanya singkat.

Baca Juga : Bertemu Relawan Anies, Ketua Demokrat Sulsel: Kami Tak Mau Teruskan Rezim yang Salah Kelola Negara

Soal pencopotan dan pemecatan kadernya itu, proses di partai sudah berjalan.

"Sudah diproses. Segera terbit SK pemecatannya dari DPP," tambah Ni'matullah. 

Sebelumnya, DPD Demokrat Sulsel melaksanakan Rapat Koordinasi Daerah dan Apel Siaga di Makassar menyikapi pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) di Sibolangit, Deli Serdang, Jumat.

Baca Juga : Wakili RMS di Pelantikan Ketua Demokrat Sulsel, Rudianto Lallo: Semoga Amanah

Dari 24 Ketua DPC se-kabupaten/kota di Sulsel, hanya 19 DPC dinyatakan terkonfirmasi hadir. Sementara lima DPC lainnya tidak hadir.

Ketua dan Sekretaris DPC yang secara fisik hadir, tercatat ada sembilan DPC. Yakni DPC Kabupaten Bone, Wajo, Soppeng, Tana Toraja, Enrekang, Bulukumba, Pinrang, Selayar, dan Kota Makassar. Sedangkan yang melalui zoom ada enam yakni, DPC Kota Parepare, Kota Palopo, Kabupaten Maros, Sinjai, Luwu, dan Toraja Utara.

Yang konfirmasi melalui video telrpon serta pengecekan lokasi terkini melalui aplikasi google map, yaitu Ketua DPC Kabupaten Bantaeng, DPC Luwu Timur, Luwu Utara, dan Jeneponto, telah terkonfirmasi.

Baca Juga : Pro Kontra Rencana Kedatangan Ketum Partai Demokrat di Sulsel, Legislator Jeneponto Sambut Baik

Lima DPC yang disebut Ulla, sapaan akrab Ni'matullah Erbe belum terkonfirmasi keberadaannya yaitu Ketua DPC Kabupaten Gowa, Takalar, Barru, Pangkep, dan Sidrap.

Penulis : Syukur
#Partai Demokrat #KLB Partai Demokrat #demokrat sulsel