Senin, 08 Maret 2021 14:42

Dinas Pendidikan Sinjai Gelontorkan Rp40 M untuk Sarpras 2021

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Andi Jefrianto Asapa.
Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Andi Jefrianto Asapa.

Anggara bantuan peningkatan sarpras pendidikan ini diperuntukkan untuk 14 sekolah.

RAKYATKU.COM, SINJAI - Total alokasi anggaran peningkatan sarana dan prasarana (sarpras) pendidikan di Kabupaten Sinjai 2021 yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) di kisaran Rp40 miliar lebih.

Dari jumlah itu, Kecamatan Sinjai Barat mendapatkan jatah peningkatan sarpras pendidikan sebanyak Rp6,37 miliar lebih.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, mengatakan bahwa bantuan peningkatan sarpras pendidikan ini diperuntukkan untuk 14 sekolah yang terdiri atas 2 taman kanak-kanak (TK), 9 sekolah dasar (SD), dan 3 sekolah menengah pertama (SMP).

Baca Juga : Bupati Sinjai Perjuangkan Nasib Non ASN Agar Tidak Dihapus Pemerintah Pusat

Menurut Jefrianto, jumlah ini meningkat berkali-kali lipat dari anggaran peningkatan sarpras pendidikan 2020 lalu yang hanya Rp987 juta lebih untuk delapan sekolah di tingkat satuan pendidikan TK dan SD.

"Alhamdulillah untuk Kecamatan Sinjai Barat naik berlipat-lipat anggarannya tahun ini dari Rp987 juta lebih menjadi Rp6,37 miliar lebih," kata Jefrianto, Senin (8/3/2021).

Peningkatan jumlah bantuan sarpras pendidikan itu, lanjut Jefrianto, karena adanya sinkronisasi data pokok pendidikan (dapodik) pada satuan pendidikan yang ada sehingga memungkinkan untuk mendapatkan bantuan.

Baca Juga : Aksi Tanam Pohon Partai Gelora Sulsel Dimulai dari Sinjai

Apalagi, Disdik Sinjai sejak 2020 lalu telah melakukan sinkronisasi dapodik tiap satuan pendidikan.

"Insyaallah tahun ini kita akan menyisir kembali atau melakukan survei kelayakan sarpras dengan melibatkan PUPR sebagai tim teknis sesuai usulan yang masuk di Musrenbang RKPD tahun 2022," tutut Jefrianto.

"Jadi PUPR yang menilai kelayakan dan dari situ akan kelihatan lagi berapa sekolah yang akan mendapatkan bantuan sarpras ke depan," lanjutnya.

Baca Juga : Kemah Pengawasan Libatkan Pelajar, Bawaslu Sinjai Temui Bupati ASA

Jefrianto mengatakan, dari pelaksanaan Musrenbang RKPD tahun 2022, jumlah usulan sekolah yang masuk sebanyak 21 satuan pendidikan dengan rincian, 18 SD dan 3 SMP.

"Semuanya sudah kita upload ke aplikasi Kolaborasi Perencanaan dan Informasi Kinerja Anggaran atau Krisna. Mudah-mudahan tahun depan semuanya juga terealisasi," harapnya.

Peningkatan sarpras pendidikan yang ada tahun ini diharapkan dapat meningkatkan sekaligus menunjang kualitas pendidikan di Bumi Panrita Kitta--julukan Kabupaten Sinjai.

Penulis : Rahmatullah
#pemkab sinjai #Dinas Pendidikan Sinjai