Minggu, 07 Maret 2021 21:01

Munas IX LDII Akan Digelar di Jakarta, Pengurus LDII Silaturahmi MUI Sulsel

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Munas IX LDII Akan Digelar di Jakarta, Pengurus LDII Silaturahmi MUI Sulsel

Tema Munas IX LDII kali ini yakni penguatan SDM profesional religius untuk ketahanan dan kemandirian bangsa menuju Indonesia maju.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR – Dalam rangka memilih kepengurusan masa bakti 2021-2026, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) IX.

Selain memilih ketua, forum 5 tahunan tersebut akan membahas program kerja dan rekomendasi program kepada pemerintah.

Menurut rencana, Munas IX LDII akan digelar secara luring dan daring pada Rabu-Kamis (7-8/4/2021) di Pondok Pesantren Minhajurrosyidin, Jakarta Timur.

Baca Juga : Buka Munas IX LDII, Presiden Joko Widodo Ajak Ormas Islam Moderasi dalam Beragama

Berkaitan dengan hal tersebut, pengurus LDII Sulawesi Selatan beraudiensi dengan Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan di kantor MUI Sulawesi Selatan.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Umum MUI Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan harapan perihal rencana pelaksanaan Munas IX LDII.

“Saya Prof Dr Muhammad Galib MA Sekretaris Umum MUI Provinsi Sulawesi Selatan atas nama Dewan Pimpinan MUI Provinsi Sulawesi Selatan menyampaikan selamat atas terselenggaranya Munas IX LDII. Semoga Munas ini berjalan dengan lancar dan menghasilkan program-program strategis untuk kemajuan agama, bangsa, dan negara,” paparnya di kantor MUI Sulawesi Selatan, Masjid Raya Makassar, Jalan Masjid Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (6/3/2021).

Baca Juga : Buka Munas IX LDII, Presiden Joko Widodo Ajak Ormas Islam Moderasi dalam Beragama

Ketua LDII Sulawesi Selatan, Dr Ir Abri MP mengutarakan, munas yang akan dilaksanakan pada 7-8 April 2021 ini akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Forum Munas akan menghadirkan masing-masing Ketua DPW LDII provinsi seluruh Indonesia yang akan hadir secara luring di Pondok Pesantren Minhajurrosyidin.

Adapun tema Munas IX LDII yaitu "Penguatan SDM Profesional Religius untuk Ketahanan dan Kemandirian Bangsa Menuju Indonesia Maju". Sedangkan sub tema munas, "Mewujudkan 8 Bidang Kontribusi LDII untuk Bangsa".

Baca Juga : Buka Munas IX LDII, Presiden Joko Widodo Ajak Ormas Islam Moderasi dalam Beragama

Audiensi dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan yaitu memakai masker. Hadir dalam pertemuan, Sekretaris Umum MUI Sulawesi Selatan Prof Dr Muhammad Galib MA yang didampingi wakil bendahara Drs Burhanuddin Yusuf MAg.

Juga hadir pengurus sekretariat MUI Sulawesi Selatan Drs HM Kasim Manang dan Mahbuddin. Adapun Ketua LDII Sulawesi Selatan Dr Ir Abri MP didampingi wakil ketua Drs Renreng Tjolli MAg, Dr Sanusi Fattah SE MSi, Prof Dr Sukardi Weda, dan Mohammad Syafei SSos. Turut hadir wakil sekretaris Ilmaddin SPd, Mujahidin ST, dan Ridwan Yahya SE.

Sebelum pelaksanaan Munas, ujar Abri, DPP LDII telah beberapa kali menggelar webinar. Di antaranya webinar kebangsaan dan ketahanan keluarga. Di program kerja ke depan, LDII masih berfokus pada 8 bidang pengabdian diantaranya kebangsaan, keagamaan, ekonomi, pendidikan, pangan dan lingkungan hidup, kesehatan, teknoogi digital, dan energi baru terbarukan.

Baca Juga : Buka Munas IX LDII, Presiden Joko Widodo Ajak Ormas Islam Moderasi dalam Beragama

Pengurus harian DPW dan DPD se-Indonesia akan mengikuti Munas IX LDII secara daring di studio masing-masing. Di studio mini DPW, peserta yang mengikuti Munas IX LDII diantaranya pengurus harian DPW, wanhat DPW, biro organisasi kaderisasi dan keanggotaan (OKK), biro pendidikan agama dan dakwah, biro komunikasi, informasi, dan media (KIM), biro teknologi, informasi, dan aplikasi telematika (TIAT), pengasuh pondok pesantren, pengasuh pondok pesantren mini, pengasuh pondok pesantren mahasiswa (PPM), pengasuh pondok pesantren pelajar mahasiswa (PPPM), dan pimpinan sekolah.

#munas LDII