Kamis, 18 Februari 2021 20:02

Poltekpar Makassar Jadi Tuan Rumah Rakor Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Poltekpar Makassar Jadi Tuan Rumah Rakor Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata

Rakor berlangsung di The Rinra Hotel Makassar, Rabu--Kamis, 17--18 Februari 2021. Dihadiri 60 peserta yang berasal dari enam PTNP dan Kemenpareraf/Baparekraf.

RAKYATKU.COM - Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar menjadi tuan rumah rapat koordinasi Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sekretariat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Rakor berlangsung di The Rinra Hotel Makassar, Rabu--Kamis, 17--18 Februari 2021. Dihadiri 60 peserta yang berasal dari enam PTNP dan Kemenpareraf/Baparekraf.

Adapun tujuan dilaksanakannya rakor PTNP ini untuk menetapkan pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran serta memetakan permasalahan yang ada di perguruan tinggi negeri pariwisata di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf.

Baca Juga : Poltekpar Makassar dan ICA Sulsel Turun ke Jalan Bagi Kue dan Tajil

Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid, para peserta dan narasumber dapat mengikutinya secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Sebelum kegiatan dimulai, seluruh peserta diwajibkan melakukan rapid res antigen. Ini juga sebagai bukti dan komitmen Poltekpar Makassar untuk terus berupaya dan mendukung pencegahan penularan COVID-19.

Peserta rapat berasal dari Bandung, Bali, Medan, Lombok, Palembang, dan Makassar.

Turut hadir secara daring, Ni Wayan Giri Adnyani selaku Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf yang menmberi arahan sekaligus membuka kegiatan secara resmi.

Baca Juga : Poltekpar Makassar Sosialisasikan Kode Etik dan Kode Perilaku ASN BerAkhlak

Dalam sambutannya, Ni Wayan Giri menyampaikan bahwa rakor ini lebih banyak membahas tentang tindak lanjut apa saja yang perlu disiapkan terkait dengan rancangan peraturan pemerintah. Hai itu sekaitan penyelenggaran perguruan tinggi oleh kementerian lain dan lembaga pemerintah nonkementerian sehingga keenam PTNP yang berada di bawah Kemenparekraf/Baparekraf tetap eksis seperti sekarang.

Direktur Poltekpar Makassar, Muhammad Arifin, selaku perwakilan dari tuan rumah juga menyampaikan bahwa kegiatan ini ini akan menghasilkan rumusan-rumasan yang menjadi rujukan.

Baca Juga : Poltekpar Makassar Gelar Widyawisata di Tiga Hotel di Makassar

Arifin mengatakan, kegiatan ini terlaksana atas komunikasi dan koordinasi enam PTNP di bawah komando Kepala Pusat Pengembangan SDM Parekraf, Anggara Hayun Anujuprana, yang juga turut hadir dalam kegiatan ini.

Mereka yang menjadi narasumber pada rakor ini, yakni Direktur Kelembagaan Dikti, Ridwan, dengan materi Rancangan Peraturan Pemerintah Tentang Penyelenggaran Perguruan Tinggi oleh Kementerian Lain dan Lembaga Pemerintah NonKementerian.

Kepala Unit Kerjasama Poltekpar Makassar, Syamsu Rijal, materi Pemaparan Kajian Program Kedinasan. Plt Asdep Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kemenpan RB, Katmoko Ari Sambodo, materi Pemaparan terkait Kuota CPNS untuk menjadi Mahasiswa PTNP sebagai tindak lanjut RPP PTKL.

Baca Juga : Pokltekpar Makassar Gelar Workshop Kurikulum Bahan Ajar Berbasis MRA-TP

Selanjutnya, Koordinator Penganggaran, Biro Perencanaan dan Keuangan, Anggita Kiki Rahardiyanti, dan Inspektur I oleh Bapak Bayu Aji, dengan materi Pembahasan Skema Penganggaran Program Kedinasan.

Lalu, Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan Kajian Manajemen Pemerintah Lembaga Administrasi Negara (Puslatbang KMP LAN Makassar), Andi Taufik, materi Pedoman Akreditasi Diklat Teknis.

Koordinator Kompetensi, Pendidikan, dan Pelatihan oleh R. Adi Muhtar Rivai, materi Pemaparan Program Rapermen Pedoman Akreditasi Diklat Teknis.

Baca Juga : Poltekpar Makassar Gelar Workshop Kurikulum dan Bahan Ajar Berbasis MRA-TP

Serta para pimpinan enam PTNP melaksanakan pemaparan materi Kesiapan Implementasi Program Kedinasan pada PTNP.

#Poltekpar Makassar