Kamis, 28 Januari 2021 12:52

Fitur QR Code Muamalat DIN Ciptakan Kemudahan Transaksi Nasabah Syariah

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ahmad S Ilham
Ahmad S Ilham

Transformasi digital merupakan salah satu pilar strategi bisnis Bank Muamalat pada tahun 2021.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Nasabah Bank Muamalat sudah bisa memanfaatkan layanan terintegrasi berbasis digital melalui ponsel pintarnya pada segala aktivitas transaksi pembayaran.

Regional Head Muamalat Regional Sulampua, Ahmad S Ilham mengemukakan, layanan tersebut berupa fitur QR Code yang terhubung dengan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Ini lebih mengefektifkan transaksi nasabah yang meminimalkan kontak fisik sesuai protokol kesehatan saat ini.

"Tentunya ini bentuk komitmen kami agar nasabah bertransaksi dengan mudah dan sederhana. Ini rangkaian upaya kami meningkatkan loyalitas konsumen dan menjangkau lebih banyak nasabah. Termasuk generasi milenial," tuturnya kepada wartawan di Makassar, Kamis (28/1/2021).

Baca Juga : Pacu Pembiayaan Haji Khusus di Makassar, Bank Muamalat Gandeng NRA Group

Fitur terbaru tersebut diyakini pria yang karib disapa Ilo ini, mampu menjadi katalisator dalam lebih banyak nasabah yang memiliki orientasi digital di Makassar serta daerah lainnya di Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampua).

Seperti diketahui, Bank Muamalat secara resmi menyematkan fitur Quick Response (QR) Code atau kode respons cepat pada aplikasi mobile banking Muamalat DIN.

Direktur Retail Banking Muamalat Purnomo B Soetadi mengatakan, transformasi digital merupakan salah satu pilar strategi bisnis Bank Muamalat pada tahun 2021.

Baca Juga : BPKH Kuasai 78,45 Persen Saham, Muamalat Kian Tegaskan sebagai Bank Umat

Oleh karena itu, peluncuran fitur QR Code Muamalat DIN merupakan bentuk adaptasi perseroan terhadap era digital sekaligus juga dukungan terhadap kebijakan regulator untuk mengoptimalkan transaksi nontunai.

"Kita ketahui bersama bahwa Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) senantiasa mendorong industri perbankan untuk memaksimalkan penggunaan transaksi nontunai. Oleh karena itu, kami memperkenalkan fitur QR Code di Muamalat DIN dalam rangka mendukung program regulator tersebut sekaligus mewujudkan keinginan para nasabah yang memang sudah sangat menanti fitur ini," ujarnya.

QR Code Muamalat DIN terhubung dengan Quick Response Code Indonesian Standard atau disingkat QRIS yang merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia. Bank Muamalat bekerja sama dengan PT Artajasa Pembayaran Elektronis (ATM Bersama) selaku lembaga switching.

Baca Juga : Nasabah di 28 Negara Disurvei, Bank Muamalat Jadi Bank Terbaik Dunia 2021 versi Forbes

Fitur QR Code Muamalat DIN saat ini sudah dapat digunakan untuk transaksi di merchant-merchant yang menggunakan logo QRIS seperti toko ritel, SPBU hingga kotak amal. Total jumlah merchant yang telah terintegrasi dengan QRIS saat ini sekitar lima juta merchant.

Aplikasi Muamalat DIN sendiri dapat diunduh di Play Store bagi pengguna perangkat Android dan App Store bagi pengguna Apple. Untuk sistem operasi Android, versi minimal yang dapat menggunakan fitur QR Code Muamalat DIN adalah 6.0 atau Marshmellow, sedangkan untuk iOS adalah versi 12.0.

#Bank Muamalat