Rabu, 06 Januari 2021 11:02

Bos Amazon Jeff Bezos Puncaki Daftar Sumbangan Terbesar 2020

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jeff Bezos. (Foto: AFP)
Jeff Bezos. (Foto: AFP)

Dana amal senilai $10 miliar yang diberikan bertujuan untuk membantu memerangi perubahan iklim.

RAKYATKU.COM - Menurut daftar sumbangan terbesar tahunan The Chronicle of Philanthropy, orang terkaya di dunia memberikan sumbangan amal tunggal terbesar pada 2020. Dana amal senilai $10 miliar yang diberikan bertujuan untuk membantu memerangi perubahan iklim.

Pendiri dan CEO Amazon, Jeff Bezos, yang menurut majalah Forbes saat ini memiliki kekayaan sekitar $188 miliar, menggunakan kontribusi tersebut untuk meluncurkan Bezos Earth Fund (“Dana Bumi Bezos”). Dana itu, yang mendukung organisasi-organisasi nirlaba yang terlibat dalam krisis iklim.

Menurut Chronicle, hingga saat ini, Bezos Earth Fund sudah menggelontorkan $790 juta kepada 16 kelompok.

Baca Juga : Dituduh sebagai Lex Luthor, Muncul Petisi Larang Jeff Bezos Kembali ke Bumi

Phil Knight, yang bersama istrinya, Penny, memberikan sumbangan terbesar kedua dan ketiga tahun lalu, menurut Chronicle, meningkatkan kekayaannya sebesar 77 persen dibandingkan periode Maret-hingga-Desember yang sama.

Salah satu pendiri Nike, Knight dan istrinya memberikan lebih dari $900 juta kepada Knight Foundation dan $300 juta kepada University of Oregon.

Fred Kummer, pendiri perusahaan konstruksi HBE Corporation, dan istrinya, June, memberikan $300 juta untuk mendirikan yayasan yang mendukung program-program di Universitas Sains dan Teknologi Missouri.

Baca Juga : Tercepat dalam Sejarah, Elon Musk Jadi Orang Terkaya di Dunia

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg dan istrinya, Priscilla Chan, mengirimkan donasi terbesar keempat dalam daftar Chronicle, yaitu sebesar $250 juta kepada Center for Tech and Civic Life, yang menangani masalah keamanan pemungutan suara dalam pemilu 2020.

Di posisi kelima adalah Arthur Blank, salah seorang pendiri Home Depot, yang memberikan $200 juta melalui yayasannya kepada Children's Healthcare of Atlanta untuk membangun rumah sakit baru.

Mereka diikuti oleh Stephen Ross, pendiri perusahaan real estate Related Companies; David Roux, salah seorang pendiri Silver Lake Partners, sebuah firma ekuitas swasta, dan istrinya, Barbara; George dan Renee Karfunkel, investor real-estate; Bernard Marcus, salah seorang pendiri Home Depot; dan Charles Schwab, pendiri Schwab Financial Services, dan istrinya, Helen.

Baca Juga : Jeff Bezos Jadi Orang Pertama di Dunia Kantongi Kekayaan Rp3.000 Triliun, para Pegawainya Demo

Sumber: VOA Indonesia

#Jeff Bezos