Jumat, 25 Desember 2020 15:21

Ups ... Maskapai Kesasar dan Tidak Mendarat ke Bandara Tujuan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Nepal Himalaya Trek)
Ilustrasi. (Foto: Nepal Himalaya Trek)

Bukannya menuju lokasi tujuan, pilot justru menerbangkan pesawat ke lokasi yang lain.

RAKYATKU.COM - Maskapai penerbangan Nepal, Buddha Air, membuat kesalahan karena kesasar dan membawa penumpang bukan ke tujuan sebenarnya.

Maskapai yang berangkat dari dari Bandara Internasional Tribhuvan Kathmandu pada 18 Desember itu sedianya terbang menuju Kota Janakpur di Nepal selatan.

Namun, bukannya menuju Janakpur, pilot Buddha Air justru terbang ke sisi lain Nepal atau tepatnya ke Pokhara, kota terbesar kedua di sana.

Baca Juga : Pramugara Ungkap Rahasia Mengapa Penumpang Sebaiknya Tidak Pakai Celana Pendek dalam Pesawat

Pejabat eksekutif Buddha Air, Astha Basnet, mengatakan kekacauan itu disebabkan oleh dua faktor. Pertama; kesalahan dalam komunikasi dan kedua; kegagalan awak untuk mengikuti SOP yang terperinci.

Basnet mengonfirmasi, awak maskapai akan menerima pelatihan tambahan setelah insiden ini dan maskapai telah memodifikasi manual penerbangan yang sudah ada.

Kejadian ini sempat membuat penumpang terkejut ketika menyadari mereka mendarat di bandara yang berbeda. Biar begitum situasinya dilaporkan tetap berjalan relatif lancar.

Baca Juga : Kura-Kura Berwarna Emas Ditemukan di Nepal, Dianggap Inkarnasi Dewa Vishnu

Begitu pihak Buddha Air mengetahui kejadian yang sebenarnya, mereka langsung meminta pilot membawa 69 penumpang yang terdiri atas 66 dewasa dan tiga anak-anak ke Janakpur sesuai agenda.

Mereka mendarat dengan selamat meski terlambat beberapa jam dari jadwal. Selain itu, tidak ada masalah mekanis yang dilaporkan terkait pesawat yang digunakan.

Mengutip CNN, sejauh ini tidak ada penerbangan langsung antara Pokhara dan Janakpur, sehingga maskapai diberikan izin khusus untuk penerbangan tersebut.

#nepal #penerbangan