Rabu, 09 Desember 2020 09:02

Maradona dan Gol Indahnya akan Ada di Uang Kertas Argentina

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Diego Maradona.
Diego Maradona.

“Idenya bukan hanya untuk mengenali idola terpenting kita, tetapi juga memikirkan pertanyaan ekonomi."

RAKYATKU.COM - Gambar Diego Maradona akan terpampang di uang kertas Argentina. Seorang senator di sana telah mengusulkan ide itu.

Senator tersebut mempresentasikan proyek itu kepada Kongres pada hari Senin (7/12/2020) waktu setempat. Dalam usulan dia, gambar Maradona, atau mungkin gambar "Tangan Tuhan", akan ada pada uang kertas bernilai 1.000 peso.

Uang kertas itu akan menampilkan wajah Maradona di satu sisi dan gambar salah satu golnya yang paling terkenal di sisi lainnya.

Baca Juga : Leandro Paredes dan Cristian Romero Antar Argentina Menang 2-0 atas Indonesia

Dua gol paling terkenal Maradona terjadi di perempat final Piala Dunia 1986 melawan Inggris. Maradona mencetak gol yang pertama dengan meninju bola melewati kiper Inggris Peter Shilton. Sementara gol kedua dengan menggiring bola melewati tujuh pemain Inggris untuk mencetak gol yang masih dianggap sebagai salah satu gol terhebat sepanjang masa.

Menurut sponsor RUU itu, Senator Norma Durango, ide meletakkan gambar Maradona di uang kertas 1.000 peso tidak sekadar bentuk penghormatan bagi sang legenda, tetapi juga punya tujuan kepentingan ekonomi.

“Idenya bukan hanya untuk mengenali idola terpenting kita, tetapi juga memikirkan pertanyaan ekonomi,” kata Durango.

Baca Juga : Jordi Amat dan Lionel Messi Siap Reuni di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta

"Kami merasa bahwa ketika turis datang ke sini, mereka ingin membawa 'Maradona' bersama mereka," katanya seperti dikutip Reuters.

Meskipun tidak jelas mana salah satu dari dua gol yang akan ditampilkan, beberapa orang Argentina marah saat memikirkan gol "Tangan Tuhan" yang ditampilkan dalam dokumen resmi pemerintah karena dapat dilihat sebagai memaafkan ilegalitas.

Senator untuk provinsi La Pampa itu mengatakan, keputusan akhir akan dibuat oleh anggota parlemen, yang diharapkan mendengar proposalnya awal tahun depan.

Baca Juga : Senang Timnas Indonesia Bisa Lawan Argentina, Shin Tae-yong Puji Erick Thohir

"Idenya adalah untuk mengenali Maradona, untuk kebaikan dan keburukan, siapa orang Argentina paling terkenal di dunia," kata Durango.

"Saya merasa proyek ini mendapat tanggapan yang bagus meskipun beberapa orang tidak setuju dengan itu."

Uang kertas Argentina 1.000 peso saat ini menampilkan burung nasional, Rufous Hornero.

#Diego Maradona #Argentina