Jumat, 09 Oktober 2020 22:15

TNI Bulukumba Ajar Anak Desa Mengaji, Dandim: Jadi Benteng Kuat Ajarkan Toleransi

Adil Patawai Anar
Konten Redaksi Rakyatku.Com
TNI Bulukumba Ajar Anak Desa Mengaji, Dandim: Jadi Benteng Kuat Ajarkan Toleransi

"Dengan kemajuan teknologi sekarang ini dimana kita memasuki era milenial yang pada umumnya banyak membuat anak-anak kita semua disibukkan dengan hanya bermain game saja dari pada harus belajar mengaji dimana ini semua bisa berpengaruh kepada kehidupan anak-anak kita sendiri khususnya dalam bidang keagamaan dimana semakin hari mulai memudar yang nantinya secara perlahan-lahan akan hilang seiring dengan kemajuan teknologi yang ada,"

Rakyatku.com, Bulukumba - Bahagianya anak-anak desa di Dusun Cibollo desa Kindang, Kecamatan Kindang. Pasukan Kodim 1411 Bulukumba yang tergabung di Satgas TMMD 109, mengajarinya untuk mengaji. Tentu bukanlah hal yang seperti biasanya didapatkan.

Jumat (9/10/2020), Masjid Fastabqul Khaerat, di Dusun Cibollo, menjadi tempat mereka duduk berilah membaca ayat suci Alquran. Setia mendampingi personel TNI yang masih mengenakan baju lorengnya.

Kapten Kav.A.Mapparanru selaku Wadan Satgas TMMD, tak luput dari pengajaran mengaji itu. Serma Rustam bagian Babinsa Koramil 1411-06 Desa Bonto Rannu, ikut bersila dengan Alquran di depannya yang sedang dibacakan.

Sedangkan Serma Dedi Ardianto, Bati Bakti Staf Ter Kodim 1411 Bulukumba dan Toko Agama, toko masyarakat setempat begitu setia mendengar kesyaduhan suara para personel melantunkan ayat suci agama Islam.

"Dengan kemajuan teknologi sekarang ini dimana kita memasuki era milenial yang pada umumnya banyak membuat anak-anak kita semua disibukkan dengan hanya bermain game saja dari pada harus belajar mengaji dimana ini semua bisa berpengaruh kepada kehidupan anak-anak kita sendiri khususnya dalam bidang keagamaan dimana semakin hari mulai memudar yang nantinya secara perlahan-lahan akan hilang seiring dengan kemajuan teknologi yang ada," Kata Dandim 1411 Bulukumba, Letkol ARM Joko Triyanto.

Joko Triyanto tak luput, mengajak kepada seluruh anak-anak untuk belajar ilmu agama seperti belajar mengaji sehingga bisa menjadi benteng yang kuat dalam menjaga sikap toleransi antara umat beragama.

" Dengan adanya Posko Satgas TMMD ke-109 Kodim 1411 Bulukumba di Dusun Cibollo Desa Kindang ini, saya berharap kepada anak-anak agar dapat belajar mengaji di Mesjid Fastabiqul Khaerat dimana setiap malam diadakan kegiatan belajar mengaji yang diajarkan langsung oleh salah satu Babinsa Kodim 1411 dengan tujuan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan anak-anak sehingga nantinya tidak mudah terjerumus dalam kegiatan yang sipatnya negatif dan dapat merusak anak-anak sebagai generasi penerus bangsa," Ujarnya.

Ia pun berharap, ke depan kegiatan belajar mengaji ini terus dilaksanakan demi menyiapkan generasi, di tengah perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang terus melejit.

" kedepan anak-anak kita semua dapat menjadi anak yang berguna bagi bangsa, negara dan agama terkhusus kepada kedua orang tuanya," Kuncinya.

Di tempat berbeda, personel Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) juga, gelar penyuluhan Wawasan Kebangsaan di Aula Kantor Desa Kindang Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba.

Wawasan Kebangsaan ini sebagai upaya dalam meningkatkan rasa cinta tanah air, rela berkorban, nasionalisme guna ketahanan nasional mengingat negara Indonesia sebagai negara patriot dimana sejarah mencatat bahwa kemerdekaan Bangsa ini telah dibayar mahal dengan pegorbanan baik harta, benda, jiwa raga bahkan nyawa dikorbankan oleh para pahlawan kusuma bangsa dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan yang hasilnya kita bisa nikmati sampai hari ini.

Dengan adanya kegiatan wawasan kebangsaan ini, diharap nantinya masyarakat serta generasi penerus bangsa, semakin paham serta lebih mencintai tanah air untuk bela terhadap negara.

Serta lebih mementingkan kehidupan berbangsa dan bertanah air, tengggang rasa, mencintai kedamaian dan tidak mudah terprovokasi terhadap isu yang memecah belah.

Penulis : Rahmatullah
#Dandim 1411 Bulukumba