Senin, 21 September 2020 14:01

Dokter Dipenjara 12 Tahun karena Cabut Gigi di Atas Hoverboard

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Dia dijatuhi hukuman atas 46 tuduhan kejahatan dan pelanggaran ringan pada Januari, termasuk penipuan bantuan medis, skema penipuan, serta praktik ilegal kedokteran gigi.

RAKYATKU.COM - Seorang dokter gigi di Amerika Serikat dihukum penjara 12 tahun. Gara-garanya, dia melakukan pencabutan gigi pasien sambil berdiri di atas hoverboard serta dakwaan berlapis lainnya.

Hukuman terhadap dokter gigi, Seth Lookhart, dijatuhkan hakim pengadilan di Alaska.

Dia dijatuhi hukuman atas 46 tuduhan kejahatan dan pelanggaran ringan pada Januari, termasuk penipuan bantuan medis, skema penipuan, serta praktik ilegal kedokteran gigi.

Baca Juga : AS Kirim VAMPIRE ke Ukraina 

Video dirinya mencabut gigi pasien sambil berdiri di atas hoverboard dua roda viral. Departemen Hukum Negara Bagian Alaska, AS, menyatakan itu bukanlah salah satu aspek serius dalam kasus Lookhart tersebut.

"Lookhart hampir membunuh banyak pasien dengan melakukan anestesi ribuan kali tanpa pelatihan atau persetujuan, pada pasien di luar kecakapan dan kepandaiannya, sambil mencuri uang dari Medicaid dan penggelapan dari atasannya," demikian pernyataan resmi departemen itu dikutip dari AFP.

Atas perbuatannyanya, Lookhart meminta maaf dan membacakan pernyataan tertulis yang telah disiapkan sebelumnya.

Baca Juga : Penembakan Massal Terjadi di Berbagai Kota AS, Lebih dari 12 Orang Tewas

"Menengok ke belakang, saya tidak bisa mengatakan dengan tepat kapan saya mulai keluar jalur," katanya seperti dikutip dari CNN.

"Meskipun saya tidak ragu bahwa saya dapa memberikan perawatan dan mengurangi rasa sakit kepada banyak orang yang sangat membutuhkan. Saya juga tahu bahwa saya dapat dan seharusnya mempertahankan disiplin dan fokus yang lebih baik saat melayani pasien yang saya cintai," katanya seraya meminta pertimbangan pengadilan atas hukuman terhadap dirinya.

Asisten Jaksa Agung di Departemen Hukum Eric Senta mengatakan apa yang telah diperbuat Lookhart bukan sekedar kejahatan ekonomi.

Baca Juga : Kremlin Tuduh AS Terlibat dalam Dugaan Upaya Pembunuhan Putin

"Ini bukan lah kasus di mana pengadilan menghukum seseorang yang telah mencuri US$2 juta. Lookhart menyakiti orang, orang-orang rentan, anak-anak disabel," kata Senta.

Senta mengatakan Lookhart akan mulai menjalani hukuman pada 7 Desember mendatang.

#cabut gigi #Amerika Serikat #Ekstrem