Selasa, 15 September 2020 18:02

Berlian Paling Langka Diperkirakan Bisa Terjual di Lelang Rp450 Miliar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Reuters.
Foto: Reuters.

Sotheby’s menjelaskan bahwa berlian seukuran telur itu dipotong dari butiran berlian kasar 271 karat, yang ditemukan di pertambangan Victor, provinsi Ontario, Kanada pada 2018 lalu. Batu berharga itu dipotong, lalu dipoles selama lebih dari setahun.

RAKYATKU.COM - Salah satu berlian paling langka di dunia akan dilelang bulan depan. Berlian itu diperkirakan akan terjual dengan harga USD12 juta–USD30 juta atau setara Rp180 miliar–Rp 450 miliar.

Perusahaan lelang Sotheby's menyampaikan, berlian itu adalah berlian putih dengan 102,39 karat tanpa cacat. Berlian itu merupakan berlian oval terbesar kedua di dunia yang ditawarkan dalam lelang.

Berlian itu akan dijual dalam satu lot tanpa harga reservasi di Sotheby's Hong Kong pada 5 Oktober 2020 mendatang.

Baca Juga : Disebut Harta Paling Ikonik, Pistol yang Bunuh Penjahat Legendaris AS Billy the Kid Laku Terjual Rp86,4 M

berlian terbesar di dunia yang pernah dijual dalam lelang adalah berlian 118,28 karat dengan harga USD 30,8 juta (setara Rp 462 miliar). Berlian itu laku terjual pada 2013 lalu.

Pihak lelang mengatakan hanya ada tujuh berlian dengan lebih dari 100 karat seperti itu, yang terjual melalui lelang.

berlian dengan 100 karat lebih dikenal dalam perdagangan sebagai berlian warna D sempurna atau berlian putih tanpa cacat internal

Baca Juga : Begini Penampakan Berlian Terbesar Ketiga di Dunia yang Berhasil Ditemukan

Dua berlian besar lainnya yang paling terkenal, yaitu Koh-i-Noor dan The Cullinan 1, yang merupakan milik Kerajaan Inggris dan ada di sebuah mahkota Kerjaan Inggris.

Sotheby’s menjelaskan bahwa berlian seukuran telur itu dipotong dari butiran berlian kasar 271 karat, yang ditemukan di pertambangan Victor, provinsi Ontario, Kanada pada 2018 lalu. Batu berharga itu dipotong, lalu dipoles selama lebih dari setahun.

“Semakin banyak orang memahami berlian ini usianya sudah miliaran tahun dan besarnya seukuran permen lollipop. Nilai investasi berlian ini setara dengan lukisan karya Rembrandt atau Basquiat,” kata Gary Schuler, Ketua Perhiasan Dunia di Sotheby’s.

Baca Juga : Pistol James Bond Sean Connery Dijual Rp3,6 Miliar

Rekor dunia untuk berlian atau perhiasan yang terjual dalam lelang dengan harga termahal terjadi pada 2017 lalu. Ketika itu, berlian warna merah jambu yang cerah 59,60 karat, laku terjual seharga USD 71,2 juta (setara Rp 1 triliun). Batu berharga itu dibeli oleh perusahaan perhiasan asal Hong Kong, Chow Tai Fook.

Sumber: English Alarabiya

#berlian #Lelang