Jumat, 28 Agustus 2020 11:22

Novel Baswedan Positif Covid-19

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
(Foto: Reuters)
(Foto: Reuters)

Ali menyebut, KPK telah berkoordinasi dan bekerja sama dengan fasilitas kesehatan terdekat dengan kediaman Novel Baswedan dan pegawai lainnya untuk terus memantau perkembagannya.

RAKYATKU.COM - Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan dinyatakan positif Covid-19. Hal diketahui setelah Novel melakukan tes swab.

"Benar mas, informasi yang kami terima (Novel) merupakan salah satu penyidik yang berdasarkan tes swab diketahui positif Corona," ujar Ali kepada Liputan6.com, Jumat (28/8/2020).

Ali mengatakan, Novel Baswedan dan pegawai KPK lainnya yang terpapar virus Corona tengah menjalani isolasi mandiri demi meminimalisir penularan.

Baca Juga : Ini Percakapan dengan Firli Bahuri yang Bikin Novel Baswedan Cs Tenang Sesaat

"Terhadap beberapa pegawai yang terpapar Covid-19 sudah dilakukan langkah-langkah mitigasi dengan dilakukan isolasi mandiri," kata Ali.

Ali menyebut, KPK telah berkoordinasi dan bekerja sama dengan fasilitas kesehatan terdekat dengan kediaman Novel Baswedan dan pegawai lainnya untuk terus memantau perkembagannya.

 

"KPK juga telah berkoordinasi dan bekerja sama dengan layanan medis terdekat dari tempat tinggal pegawai untuk dilakukan pemantauan lebih lanjut dalam proses pemulihannya," kata Ali.

Baca Juga : Kerjanya Kini Hanya Buka Email dan Chatting, Ini Daftar Daftar Lengkap 75 Pegawai KPK Tak Lulus TWK

Sebanyak 9 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) positif terinfeksi Corona Covid-19. Hal tersebut berdasarkan hasil tes swab PCR yang dilakukan bersama Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Kementerian Kesehatan.

Sponsored by MGID

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, tak hanya 9 pegawai dari berbagai direktorat di KPK, melainkan juga ada 4 non pegawai, dan 1 tahanan yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab tersebut.

"Berdasarkan tes swab yang dilakukan BBTLKPP Kemenkes terhadap berapa pegawai dan tahanan telah ditemukan ada 9 pegawai dari beberapa unit direktorat di KPK, 4 orang non pegawai/OS dan 1 orang tahanan dinyatakan positif terpapar Covid 19," ujar Ali dalam keterangannya, Kamis (27/9/2020).

Baca Juga : Novel Baswedan dan 74 Pegawai KPK Dinonaktifkan

Ali menyatakan, mereka yang terpapar virus Covid-19 sudah berikan tindakan medis demi meminimalisir penularan. Ali mengatakan, bagi para pegawai dan non pegawai telah diisolasi mandiri bekerjasama dengan puskesmas di sekitar kediaman para pegawai.

"Sedangkan untuk tahanan telah dilakukan isolasi dan perawatan di RS Polri," kata Ali dikutip dari liputan6.com.

Ali mengatakan, pada hari ini KPK melalui poliklinik KPK dan RSPAD Gatot Subroto bertempat di Gedung Juang KPK kembali melakukan uji tes swab PCR kepada pegawai KPK termasuk pula pegawai pada Direktorat Penyidikan Kedeputian Penindakan KPK.

Baca Juga : Hasil Tes yang Masih Tersegel Bocor ke Publik, ICW: Ketidaklulusan Novel Baswedan Cs Upaya Bunuh KPK

Hal tersebut dilakukan guna meminimalisir penyebaran Covid-19 dilingkungan KPK dan memastikan aktifitas kerja-kerja penanganan perkara tindak pidana korupsi tetap berjalan mengingat ada batasan waktu sebagaimana tersebut di dalam ketentuan Undang-undang.

"KPK juga telah kembali melakukan penyemprotan disinfektan di ruang-ruang kerja pada direktorat penyidikan dan ruang kerja lainnya di Gedung Merah Putih KPK dan Gedung ACLC serta memastikan protokol kesehatan tetap dipatuhi oleh seluruh pegawai KPK," kata Ali.

Sponsored by advertnative
 
#Novel Baswedan