Kamis, 28 Mei 2020 07:02

Berada di Kaki Gunung Silanu, Arah Kiblat Musala di Jeneponto Ini Menghadap ke Utara 

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Musala di Desa Pallatikang, Kecamatan Bangkala, Jeneponto yang arah kiblatnya menghadap ke utara.
Musala di Desa Pallatikang, Kecamatan Bangkala, Jeneponto yang arah kiblatnya menghadap ke utara.

Musala itu berada di kaki Gunung Silanu. Dindingnya setengah bata yang belum diplester. Setengahnya lagi seng yang tampak masih baru.

RAKYATKU.COM,JENEPONTO - Musala itu berada di kaki Gunung Silanu. Dindingnya setengah bata yang belum diplester. Setengahnya lagi seng yang tampak masih baru.

Untuk menjangkau musala itu, orang harus melewati jalan setapak yang berbatu. Lokasinya di Desa Pallantikang, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jeneponto, Amrullah Serang sempat meninjau langsung tempat ibadah tersebut. Dia bersama Pemerintah Kecamatan Bangkala dan Amuba. 

"Memang benar ada sebuah musala ditemukan arah kiblatnya ke utara, bukan ke barat sehingga besar kemungkinan ajaran yang dibawa para jemaah itu diduga menyimpang dari ajaran Islam," ujarnya, Rabu (27/5/2020).

Amrullah bilang, peninjauan langsung yang dilakukan bersama dengan pemerintah kecamatan dan Amuba untuk melakukan koordinasi dengan jemaahnya atau penanggung jawabnya. Namun, tak seorang pun yang mereka temui di lokasi.

"Jadi kita tidak ketemu," sebutnya.

Camat Bangkala, Andi Patappoi membenarkan bahwa kiblat musala itu menghadap ke utara. 

"Kita sudah koordinasi dengan pihak yang berkompeten termasuk Polri, TNI, KUA Kecamatan Bangkala untuk melakukan langkah-langkah persuasif. Hanya saja sampai sekarang pihak penanggung jawab belum bisa ditemani komunikasi," imbuhnya.

Menurut informasi yang diperoleh dari warga setempat, penanggung jawab musala sedang berada di Kabupaten Bulukumba saat mereka berkunjung ke sana.