Rabu, 06 Mei 2020 16:30

Tiru Tekad Nabi Musa, Tips Khatam Al-Qur'an di Bulan Ramadan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Membaca Al-Qur'an hingga khatam merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan pada bulan Ramadan.

RAKYATKU.COM - Membaca Al-Qur'an hingga khatam merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan pada bulan Ramadan.

Untuk muslim yang sibuk, amaliah ini bisa dijalankan hingga selesai dengan memiliki tekad seperti tekad Nabi Musa.

Dalam Al-Qur'an dijelaskam tekad Nabi Musa sebagaimana firman Allah swt dalam ayat berikut: “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke pertemuan dua buah lautan; atau aku akan berjalan sampai bertahun-tahun”.[QS. Al-Kahfi: 60)

Syaikh Abdurrahman As-Sa’diy menjelaskan tekad baja dan semangat membara Nabi Musa. “Maksud perkataan Musa adalah: ‘aku akan terus berjalan (jadi musafir), meskipun sepanjang perjalanan dalam kesusahan’. Inilah tekad yang kuat dari Musa.” [Tafsir As-Sa’diy]

Tekad Nabi Musa itu bisa dijadikan tips atau dicontoh agar muslim semangat membaca Al-Qur'an hingga khatam di bulan Ramadan. 

Misalnya umat Islam bisa menanamkan dalam hati, “Aku tidak akan berhenti membaca Al-Qur'an setelah 30 menit atau 60 menit”. “Aku tidak akan berhenti membaca Al-Qur'an setelah 100 ayat atau 200 ayat”.

Ibnul Jauzi berkata, “Sesungguhnya kuda pacu apabila mendekati batas finis dia akan mengerahkan (semua) kemampuannya untuk memenangkan perlombaan. Jangan sampai kuda pacu menjadi lebih cerdas darimu.”

Demikian dikutip laman Muslim.or.id, Rabu (6/5/2020). Semoga tips ini bermanfaat hingga bisa khatam Alquran di bulan Ramadhan.