Jumat, 14 Februari 2020 19:47

"Terus Tersenyum," Pria Tertua di Dunia Ungkap Rahasia Berumur 112 Tahun

Andi Chaerul Fadli
Konten Redaksi Rakyatku.Com
"Terus Tersenyum," Pria Tertua di Dunia Ungkap Rahasia Berumur 112 Tahun

Seorang pria di Jepang telah menjadi pria tertua di dunia pada usia 112 tahun dan 344 hari, menurut Guinness World Records. 

RAKYATKU.COM - Seorang pria di Jepang telah menjadi pria tertua di dunia pada usia 112 tahun dan 344 hari, menurut Guinness World Records. 

Pria bernama Chitetsu Watanabe itu lahir di Niigata di Jepang utara pada tahun 1907. Dia menerima sertifikat atas prestasinya itu pada hari Rabu di panti jompo di kota, dikutip dari Metro, Jumat (14/2/2020).

Pemegang rekor sebelumnya, Masazo Nonaka, seorang Jepang lainnya, meninggal bulan lalu. Orang tertua yang masih hidup juga orang Jepang, Kane Tanaka, seorang wanita berusia 117 tahun. 

Sampai sekitar satu dekade yang lalu, Watanabe biasa melakukan bonsai, seni tradisional Jepang memelihara pohon-pohon kecil yang dipahat, dan memamerkan karyanya. 

Saat ini, ia menyukai makanan penutup seperti puding dan krim, kata Guinness. Watanabe lulus dari sekolah pertanian dan kemudian pindah ke Taiwan untuk bekerja di Dai-Nippon Meiji Sugar dalam kontrak perkebunan tebu.

Dia tinggal di Taiwan selama 18 tahun. Dia menikahi Mitsue dan mereka memiliki lima anak, kata Guinness dalam sebuah pernyataan. Setelah berakhirnya Perang Dunia II, Watanabe kembali ke Niigata dan bekerja untuk pemerintah prefektur sampai pensiun. 

Dia juga menanam buah dan sayuran di pertanian keluarga. Ditanya tentang rahasia umur panjang, Watanabe memiliki saran ini: Jangan marah dan terus tersenyum.