Selasa, 28 Januari 2020 01:00

"Bukan Senjata Biologis," Ilmuan China Kenalkan Robot Cacing yang Bisa Masuk ke Otak

Andi Chaerul Fadli
Konten Redaksi Rakyatku.Com
"Bukan Senjata Biologis," Ilmuan China Kenalkan Robot Cacing yang Bisa Masuk ke Otak

Di beberapa rumor sihir hitam kuno di China, ada yang disebut Gu. Dia adalah makhluk beracun kecil mirip cacing yang bisa ditanam di pot. Dan digunakan untuk mengendalikan pikiran seseorang.

RAKYATKU.COM - Di beberapa rumor sihir hitam kuno di China, ada yang disebut Gu. Dia adalah makhluk beracun kecil mirip cacing yang bisa ditanam di pot. Dan digunakan untuk mengendalikan pikiran seseorang.

Sekarang tim peneliti di Shenzhen telah menciptakan robot cacing yang bisa masuk ke tubuh manusia. Bergerak di sepanjang pembuluh darah dan terhubung ke neuron.

"Dalam cara itu mirip dengan Gu," kata Xu Tiantian, seorang ilmuwan terkemuka untuk proyek di Institut Teknologi Tinggi Shenzhen, Akademi Ilmu Pengetahuan Cina, dikutip dari Asia One, Selasa (28/1/2020).

"Tapi tujuan kami bukan mengembangkan senjata biologis. Justru sebaliknya," tambahnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, laboratorium sains di seluruh dunia telah menghasilkan banyak bot mikro, tetapi kebanyakan mereka hanya mampu melakukan beberapa tugas sederhana.

[NEXT]

Tetapi serangkaian video yang dirilis oleh tim peneliti, menunjukkan bahwa robot cerdas kecil dijuluki iRobots itu dapat melompati rintangan, hingga berenang melalui tabung.

Cacing robot 1mm x 3mm tidak ditenagai oleh chip komputer atau baterai, tetapi oleh generator medan magnet eksternal.

Mengubah medan magnet memungkinkan para peneliti untuk memutar tubuh robot dengan berbagai cara dan mencapai berbagai gerakan seperti merangkak, mengayun, dan bergulir, menurut kertas mereka.

Loading...