Senin, 06 Januari 2020 20:16

"Saya Denger Bapak Bilang Garuda Tai", Penumpang Premium Merasa Diperlakukan seperti Penjahat

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Garuda Indonesia.
Garuda Indonesia.

Maskapai PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk jadi sorotan di media sosial usai disebut 'menahan' penumpang.

RAKYATKU.COM - Maskapai PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk jadi sorotan di media sosial usai disebut 'menahan' penumpang.

Kabar itu disampaikan akun Facebook Jumailiana Iwan. Senin (6/1/2019), Iwan mengunggah salinan gambar berisi curhatan penumpang lewat Twitter dengan akun @jesswjk atau Jessica.

Jessica bercerita pada 4 Januari lalu dia naik pesawat Garuda GA404 dengan tujuan Bali. Dia terbang bersama suami dan 3 anaknya. Sesaat sebelum mendarat, anaknya yang paling besar ingin buang air besar. 
Saat itu, kapten telah meminta penumpang untuk mengenakan sabuk pengaman. Sang suami sempat meminta izin, namun pramugari menolak dengan alasan keamanan.

"Terus suami gue (saya) patuh dong. Duduk kembali. That's fine, terus anak gue mengeluh sakit perut (he held it in though! What a camp), suami gue jadi panik sendiri + ngedumel (INI NGEDUMEL KE GUE LHO YA!! IN HIS SEAT!!) tentang Garuda ke gue. Ya menurut gue wajar, lha dia concerned tentang anaknya," cuit Jessica.

Pendaratan pun berlangsung dengan baik. Si suami membawa anaknya ke toilet. Saat Jessica dan keluarga mau meninggalkan lounge, mereka ditahan oleh lounge attendant. Kapten pesawat mau bicara.

"Nah di sini gue curiga, karena di depan lounge udah ngumpul sekitar 7-8 petugas Avsec dan Gapura (ground handlingnya Garuda), 3 orang pilot dan 6 pramugari. Karena gue bingung, jadi gue request orang tua gue untuk duluan jalan keluar, kita kan nggak tau ya ada apaan," cuitnya.

Jessica kembali ke lounge. Petugas Avsec kemudian memintanya untuk menunjukkan boarding pass. Petugas itu kembali mengatakan kapten mau bicara. Di sana, Jessica mendengar jelas si kapten meminta agar menahannya.

"Captainnya berujar lagi, 'Ni tahan semua orang nih!' ke Avsec. Gue makin bingung dong, gila gue uda bayar premium kenapa diperlakukan seperti penjahat TANPA ALASAN YANG JELAS. Suami gue bilang lagi, 'ini ada apa ya'," papar Jessica.

Kapten itu bertanya ke suami, sudah bicara apa saat penerbangan. Sang kapten yang tak diketahui namanya itu juga bertanya menghina apa saat penerbangan. Sontak, sang suami kaget.

"Suami gue bilang, 'Hah? Kapan kita menghina Garuda? Apa buktinya? Coba tunjukin ke saya. Captainnya bikin gesture manggil ke arah pramugari yang bergerombol di depan, lalu pramugari yang serving kami di business class dateng. Pramugarinya 'Saya denger bapak bilang Garuda tai," terang Jessica.

Jessica yang merasa kesal mengaku ayahnya mengenal beberapa pemegang saham Garuda. Dia pun bilang bakal menghubungi pemegang saham itu. Dan seketika si kapten meninggalkan Jessica.

Dalam cuitannya, Jessica juga melampirkan surat keterangan dari Garuda sebagai bukti atas insiden itu.