Senin, 25 November 2019 04:30

Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Mobil Blong

Ibnu Kasir Amahoru
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penyebab dan Cara Mengatasi Rem Mobil Blong

Kasus rem blong pada kendaraan kerap terjadi.

RAAKYATKU.COM - Kasus rem blong pada kendaraan kerap terjadi. Fatalnya, hal itu banyak mengakibatkan kecelakaan, bahkan tak jarang korbannya sampai meninggal.

Rem blong sendiri merupakan kondisi di mana rem kendaraan tidak berfungsi sama sekali. Nah, bagi pemilik kendaraan, pastikan mengetahui penyebab dan cara mengatasi kasus ini.

Dilansir Otosia, penyebab dari rem blong cukup banyak. Pertama adalah habisnya minyak rem dan piston yang telah rusak. Maka dari itu harus sering-sering mengecek kondisi minyak rem dan piston atau kanvas.

Pastikan kanvas belum aus dam biasanya penggantian piston atau kanvas ini ketika kendaraan sudah menempuh jarak 10.000 km.

Selang Minyak Rem

Sebab lainnya adalah tersumbatnya selang minyak rem. Kerap dijumpai di mobil penumpang yang memakai sistem pengereman dengan tekanan fluida dari minyak rem. Karena selang berukuran kecil, pemilik kendaraan harus rutin periksa bagian ini.

Seal Piston Aus

Seal piston mengalami aus juga bisa sebabkan rem blong. Selain karena faktor usia, kualitas minyak rem juga berpengaruh. Apalagi kalau pemilik kerap membuka tabung minyak, efeknya minyak rem mudah terkontaminasi.

Cara Atasi Rem Blong

Jika mengalami rem blong saat berkendara, pertama-tama segera hidupkan lampu hazard dan bunyikan klakson. Ini bertujuan agar kendaraan di sekitar mengerti bahwa Anda sedang mengalami rem blong.

Usahakan tetap tenang dan cari tahu penyebabnya. Apabila rem terasa lembut, besar kemungkinan penyebabnya adalah kekurangan minyak rem, kerusakan master silinder, atau masalah di kaliper rem. Nah solusinya adalah terus pompa rem untuk mengembalikan tekanannya.