Kamis, 17 Oktober 2019 04:30

Tekan Inflasi, Pemerintah Kota Makassar Siapkan Mobil Pengendali Inflasi

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar Muh Ansar memimpin rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang diadakan Dinas Perdagangan Kota Makassar di Ruang Rapat Sipakellebbi lantai 2, Balai Kota Makassar, Rabu (16/10/2019).
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar Muh Ansar memimpin rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang diadakan Dinas Perdagangan Kota Makassar di Ruang Rapat Sipakellebbi lantai 2, Balai Kota Makassar, Rabu (16/10/2019).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar Muh Ansar memimpin rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang diadakan Dinas Perdagangan Kota Makassar di Ruang Rapat Sipakellebbi lantai 2, Balai Kota Mak

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar Muh Ansar memimpin rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang diadakan Dinas Perdagangan Kota Makassar di Ruang Rapat Sipakellebbi lantai 2, Balai Kota Makassar, Rabu (16/10/2019).

Dalam kesempatan tersebut Muh Ansar melihat perlunya ada upaya serius pemerintah terintegrasi dalam menangani persoalan inflasi. Utamanya mengantisipasi permainan tengkulak menjelang hari-hari besar.

Pemkot Makassar sendiri telah melakukan berbagai upaya, termasuk dengan menyiapkan mobil pengendali inflasi. Mobil ini akan bergerak menstabilkan harga pasar. 

Jika terjadi lonjakan harga komoditi, maka pemerintah langsung mengerahkan beberapa truk pengendali inflansi ini yang akan langsung menyasar pasar membawa barang-barang yang mengalami lonjakan harga. 

"Mohon Pak Kadis (Kadis Perdagangan Makassar) melakukan koordinasi setiap saat utamanya menjelang hari-hari besar, seperti Idulfitri, Iduladha, dan sebagainya. Permintaan atau demand di Kota Makassar sangat tinggi, utamanya hari-hari tersebut. Siapa tahu ada yang coba mau main-main," tegasnya.

Karena itu pula, mantan kepala Dinas Pekerjaan Umum Makassar ini menekankan pentingnya kerja sama antar pemerintah kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan. 

"Nanti diteliti komoditi mana yang mempengaruhi Kota Makassar, bisa bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota lainnya di Sulsel, untuk memastikan ketersediaannya. Begitu pun sebaliknya," pungkas Ansar. 

Karena itulah peran pemerintah harus senantiasa hadir untuk memastikan nilai inflasi maupun deflasi yang ideal, agar tidak terpaut terlalu rendah atau pun melambung tinggi.