Kamis, 05 September 2019 08:19

Lebih 419 Juta Nomor Telepon Pengguna Facebook Telah Bocor

Suriawati
Konten Redaksi Rakyatku.Com
INT
INT

peneliti keamanan Sanyam Jain mampu menemukan basis data online yang berisi nomor telepon yang ditautkan dengan ID pengguna Facebook.

RAKYATKU.COM - Lebih 419 juta data pengguna Facebook telah dilanggar.

Seperti dilansir TechCrunch, peneliti keamanan Sanyam Jain mampu menemukan basis data online yang berisi nomor telepon yang ditautkan dengan ID pengguna.

Hal buruknya adalah, data ini biasanya juga menampilkan nama asli pengguna, jenis kelamin, dan negara.

TechCrunch mengatakan bahwa server yang terpapar tidak dilindungi dengan kata sandi. Namun ketika mereka menghubungi host web database, informasi itu dijadikan offline.

Sementara itu, Facebook mengatakan kepada TechCrunch bahwa data itu sudah tua dan tampaknya diperoleh tahun lalu sebelum perusahaan melakukan perubahan untuk meningkatkan kemampuan orang untuk menemukan orang lain menggunakan nomor telepon mereka.

Perusahaan mengatakan bahwa set data itu telah dihapus dan bahwa tidak ada bukti jika akun Facebook benar-benar dikompromikan.

Mengingat orang tidak terlalu sering mengubah nomor telepon mereka, klaim Facebook bahwa datanya sudah tua tidak terlalu relevan.

Ini merupakan insiden mengkhawatirkan lainnya dalam serangkaian pelanggaran data utama di Facebook. Pada bulan Mei, data 49 juta pengguna Instagram juga bocor.

Tidak jelas bagaimana data diperoleh atau siapa yang menyimpannya.