Kamis, 29 Agustus 2019 17:24

Hal yang Mesti Diketahui Jelang Drawing Fase Grup Liga Champions 2019/2020

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto" Uefa.com.
Foto" Uefa.com.

Liga Champions 2019/2020 telah mendapatkan 32 kontestan. Itu dipastikan setelah kelolosan Ajax, Slavia Praha, dan Club Brugge lolos kualifikasi, Kamis malam.

RAKYATKU.COM - Liga Champions 2019/2020 telah mendapatkan 32 kontestan. Itu dipastikan setelah kelolosan Ajax, Slavia Praha, dan Club Brugge lolos kualifikasi, Kamis (29/8/2019) dinihari WIB. 

Mereka melengkapi tiga tim lain yakni Dinamo Zagreb, Red Star Belgrade, dan Olympiakos yang lebih dahulu mengunci tiket babak grup dari jalur kualifikasi.

Undian babak grup Liga Champions 2019/2020 akan digelar di markas UEFA, Nyon, Kamis (29/8) malam WIB. Berikut sejumlah fakta penting jelang undian Liga Champions musim ini.

Dikutip situs resmi UEFA, berikut hal yang mesti diketahui jelang undian Liga Champions:

1. Dari 32 tim yang akan berlaga di putaran final Liga Champions musim ini, 26 di antaranya masuk babak grup secara otomatis. Enam klub lainnya harus menjalani babak playoff.

2. Pot 1 dihuni tim juara bertahan Liga Champions (Liverpool), juara bertahan Liga Europa (Chelsea), dan juara liga enam besar Eropa. Sementara Pot 2 hingga 4 ditentukan berdasarkan koefisien poin klub. Kondisi itu membuat klub raksasa macam Real Madrid dan Atletico Madrid berada di Pot 2.

3. Setiap grup akan berisikan empat klub dari Pot 1 hingga Pot 4. Klub dari negara yang sama tidak bisa berada dalam satu grup. Berdasarkan keputusan Komite Eksekutif UEFA, klub dari Rusia dan Ukraina tidak bisa berada dalam satu grup.

4. Jika ada asosiasi yang memiliki dua atau lebih wakil, maka klub akan dipasangkan dalam undian untuk memisahkan pertandingan antara Selasa dan Rabu. Jika klub yang dipasangkan sudah diundi masuk grup, contoh di Grup A, B, C, atau D, maka klub yang satunya otomatis akan masuk Grup antara E, F, G, atau H.

5. Pertandingan pertama babak grup Liga Champions 2019/2020 akan digelar pada 17-18 September 2019. Final Liga Champions musim ini akan berlangsung di Stadion Ataturk Olimpiyat, Istanbul, Turki, 30 Mei 2020.

6. Spanyol, Inggris, Italia, dan Jerman menjadi negara dengan wakil terbanyak di Liga Champions musim ini. Keempat negara di memiliki masing-masing empat klub di babak grup.